AL QURAN TERTUA DI TEMUKAN DI YAMAN

Dhale, (LINGGA POS) – Seorang pemuda di Yaman menemukan cetakan Al Quran tertua yang pernah ditemukan selama ini dalam sebuah gua. Diberitakan harian Al-Arabiya pekan ini, pemuda yang tidak mau disebutkan namanya ini mengaku menemukan Al Quran itu terbungkus sampul dari kulit, di dalam sebuah gua di dalam gunung sebelah selatan kota Dhale, Yaman. Dalam halaman pertama Quran itu tertera tulisan “Manuskrip ini ditulis tangan pada tahun 200 Hijriah (815 Masehi).

Dalam pengujian keaslian, diketahui bahwa manuskrip kitab suci itu adalah asli. Berarti, cetakan Al Quran itu adalah yang tertua yang pernah ditemukan. Bukti kebenaran peninggalan bisa dilihat dari jenis tulisan yang digunakan. Dalam Al Quran ini tidak ada titik-titik (tanda baca) yang terdapat dalam abjad Al Quran masa kini. Tulisan dalam Al Quran ini adalah tulisan Arab lama, karena seperti diketahui titik-titik baru ditambahkan pada beberapa abad berikutnya untuk membedakan huruf yang hampir sama.

Pemuda penemu Al Quran ini pernah ditawari uang sebesar 12 juta Riyal Yaman atau setara Rp538 juta, namun ia menolaknya dan memutuskan untuk tetap menyimpannya. Selain menemukan Al Quran tertua itu, ia juga mengaku menemukan sebilah pedang bernama Zulfikar, yang merupakan hadiah dari Baginda Nabi Muhammad SAW kepada Khalifah Islam ke-4, yang juga adalah menantu Baginda, Khalifah Ali bin Abi Thalib. (eh,vvn)

Kategori: IPTEK, MANCANEGARA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.