MASIH TERSEDIA 2.239 ORANG LOWONGAN TENAKER di BATAM

Batam, (LINGGA POS) – Bursa Kerja Batam, dibuka di Politeknik Negeri Batam, Selasa pagi kemarin. Walikota Batam Ahmad Dahlan berharap, kegiatan selama tiga hari ini mampu melibatkan partisipasi ribuan tenaga kerja (tenaker). “Pencari kerja yang terdaftar 13.128 orang sementara yang sudah ditempatkan 4.464 orang. Mudah-mudahan sisanya bisa terpenuhi,” kata Dahlan.

Dari 34 perusahaan yang ikut serta, tersedia 2.239 lowongan kerja bagi pencari kerja. Kata dia, dengan kegiatan ini bisa mengurangi pengangguran, baik di Kota Batam maupun sekitarnya. “Banyak peluang terbuka di sini. Mulai dari sektor perbankan, elektronik, perdagangan, sinema, Otomotif, dan tidak ketinggalan di sektor galangan kapal (shipyard),” beber Ahmad Dahlan.

Meski banyak peluang, namun dia menyebutkan sebagian tidak terpenuhi. Sehingga harus ada terobosan agar tenaker bisa diserap. Untuk itu diperlukan sistem pendidikan yang siap pakai. “Perlu memperbanyak sekolah kejuruan di Batam. Tapi kita juga kekurangan lahan dan tenaga pengajar. Dan untuk tenaker yang ingin ke luar negeri, perlu diketahui peluang itu banyak, bukan sekedar jadi pembantu saja,” kata Dahlan. Kata dia, tenaker Indonesia juga seperti di Singapura dan Malaysia butuh tenaga perawat disamping tenaga teknis lainnya. Dan ini bisa dimanfaatkan oleh tenaker tersebut. (tn)

Kategori: KEPRI Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.