Khazanah Melayu : ISTANA DAMNAH, TAPAK yang MASIH TERSISA

Daik, (LINGGA POS) – Salah satu situs sejarah berharga peninggalan Kesultanan Riau Lingga, adalah Istana Damnah. Istana Damnah merupakan satu-satunya bekas tapak kerajaan yang masih tersisa meski hanya berbentuk tangga muka, tiang-tiang dari sebagian tembok pagarnya yang seluruhnya terbuat dari beton.

Sekarang puing istana ini terletak dalam hutan belantara yang disebut Kampung Damnah. Istana ini didirikan oleh Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi, Yang Dipertuan Muda (YDM) Riau X (1857-1899). Istana Damnah dibangun pada 1860 dengan maksud sebagai kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II, dimana sebelumnya bermaustin di Istana Kota Baru, yang sebenarnya tak jauh dari pabrik sagu beliau.

Sedangkan Daik, dahulunya hampir selama seratus tahun pernah menjadi sebagai pusat kerajaan Riau-Lingga, yang sekarang menjadi ibukota Kabupaten Lingga. Saat ini Pemkab Lingga dengan seksama telah memugar dan melestarikan berbagai peninggalan atau situs yang ada yang tersebar diberbagai titik di daerah ini, dan telah pula membangun replika Istana Damnah di lokasi persis di Kampung Damnah tersebut yang menyerupai bentuk aslinya.

Dari catatan sejarah, diketahui raja-raja yang pernah memerintah di negeri yang telah mendapat julukan Negeri Bunda Tanah Melayu ini, yakni selama periode pusat pemerintahan kerajaan di Daik Lingga tersebut adalah, Sultan Abdurakhman Syah (1812-1832), Sultan Muhammad Syah (1832-1841), Sultan Muzafar Syah (1841-1857), Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II (1857-1883) dan Sultan Abdurrakhman Muazyam Syah (1883-1911). (km)

Kategori: KOLOM, LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.