LSBF KOTE 2012, SIAP DIGELAR 24-25 NOVEMBER 2012

Kote, (LINGGA POS) – Sebanyak 80 peserta dipastikan akan memeriahkan ajang lomba sampan layar atau Lingga Sailing Boat Festival (LSBF) tahun 2012, yang akan berlangsung di Desa Kote, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga pada tanggal 24-25 November 2012. Dari daerah luar Lingga juga akan ikut peserta dari Batam termasuk dari negara tetangga Malaysia yang dipastikan mengirimkan tim terbaik mereka.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga Junaidi Adjam, kegiatan ini utamanya adalah untuk mempromosikan pariwisata daerah dan guna melestarikan tradisi masyarakat Melayu di daerah pesisir, yang sejak zaman lalu telah menggunakan sampan atau perahu layar sebagai sarana transportasi handalan ke wilayah-wilayah lainnya di nusantara bahkan hingga keluar negeri. “Pesertanya sudah terdaftar sebanyak 80 peserta termasuk peserta dari Batam dan Malaysia yang dipastikan juga akan ikut,” kata Junaidi, Rabu kemarin.

Tidak seperti yang direncanakan sebelumnya dimana panitia akan membuat sistem lokal dan non lokal, pada LSBF 2012 nantinya para peserta akan dibagi dalam 2 kategori. Yaitu kategori 1 dengan saf 3 (3 orang dalam satu sampan) dan kategori 2 dengan saf 4 (4 orang dalam satu sampan).

Dengan pembagian dua kategori ini, tersedia kesempatan bagi peserta yang sudah mengikuti kategori 1 yang akan berlangsung di hari pertama (24/11), untuk dapat ikut pada kategori 2 yang akan berlangsung pada 25/11-2012.

Dia mengaku, panitia pelaksana LSBF 2012 bersama unsur masyarakat, setakat ini sudah siap 80 persen menggelar dan mensukseskan ajang yang cukup diminati masyarakat Desa Kote khususnya dan warga masyarakat di lima kecamatan di Lingga. Disamping acara puncak kegiatan yang telah dijadikan kalender tahunan Disbudpar ini juga diramaikan dengan kegiatan permainan rakyat, pameran bonsai, pameran lukisan dan juga bazar termasuk hiburan kesenian budaya Melayu. Tambahan lagi, seperti tahun lalu, pihak panitia juga menyediakan beragam makanan dan minuman (kuih muih) tradisional yang khusus disediakan untuk para peserta dan undangan lainnya. (arn)

Kategori: LINGGA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.