DISDUKCAPIL LINGGA PERPANJANG PROGRAM e-KTP

Dabo, (LINGGA POS) – Pelaksanaan program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di wilayah Kabupaten Lingga diperpanjang hingga tanggal 7 November 2012. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga Ajis MY kepada awak media, Kamis (1/11). Disebutkan, hingga saat ini program e-KTP di seluruh wilayah Lingga yang terdiri dari 5 kecamatan, baru selesai di data sekitar 87,35 persen dari jumlah warga yang telah wajib memiliki KTP.

Dengan adanya perpanjangan program e-KTP yang semula telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sampai dengan 31 Oktober 2012 tidak mencapai target. Memang, secara nasional kemudian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperpanjang program e-KTP di seluruh Indonesia pada November 2012, dengan catatan akan diumumkan serentak pada 8 November 2012.

Dengan adanya perpanjangan program e-KTP ini maka masih ada kesempatan bagi masyarakat yang sudah wajib KTP untuk segera melakukan perekaman data di daerah yang telah ditentukan masing-masing. Apalagi mengingat, jika seluruh program ini sudah lewat jatuh tempo, maka kemungkinan biaya pembuatan diserahkan kepada kebijakan daerah dan akhirnya bisa dibebankan kepada pribadi, jika Pemkab Lingga sendiri tidak punya anggaran untuk perekaman data e- KTP.

Menurut Ajis, kesempatan yang baik ini hendaknya benar-benar dapat dimanfaatkan. Koordinator Wilayah (Korwil) untuk program e-KTP secara massal telah memperpanjang hingga 7 November ini. Hal ini mengingat di beberapa daerah yang banyak terdiri dari pulau-pulau dan sulit dijangkau sehingga merupakan kendala tersendiri, termasuk juga adanya warga yang menempuh pendidikan di luar daerah, warga yang bekerja di luar daerah dan data warga yang telah meninggal dunia namun tidak dilaporkan ke Disdukcapil dan menyebabkan adanya data ganda. Namun, diakui Ajis, capaian program e-KTP di seluruh wilayah Lingga yang telah mencapai persentase 87,35 tersebut masih dapat dikatakan cukup baik dengan angka berimbang antara ke lima kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. (arn,hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.