KOSUMSI TOMAT CEGAH STROKE

(LINGGA POS) – Stroke bisa dicegah dengan rajin mengosumsi buah-buahan berwarna merah cerah yang mengandung lycopene. Salah satunya adalah buah tomat. Demikian hasil riset ilmuan Irlandia, seperti dilansir Antara. Para peneliti menyelidiki dampak yang ditimbulkan unsur kimia lycopene yang berwarna merah cerah pada buah tomat, merica dan juga buah semangka.

buah tomatStudi yang melibatkan sebanyak 1.031 koresponden itu mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki lycopen paling banyak dalam aliran darahnya akan lebih tangguh dalam menangkal serangan stroke. Lembaga Asosiasi Stroke, meminta agar hasil penelitian ini ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih mendetail soal dampak lycopene terhadap pencegahan stroke.

Berdasarkan penelitian yang hasilnya dipublikasikan oleh BBC, para pria yang menjadi responden, dipantau kadar lycopenenya dalam darah selama 12 tahun. Grup pertama adalah mereka yang kadar lycopene rendah. Ternyata, ada 25 kasus stroke dari sebanyak 258 orang di grup pertama ini. Sedangkan grup kedua adalah pria yang kadar lycopenenya tinggi, diketahui hanya 11 orang saja dari sebanyak 259 responden yang mengalami stroke.

Para peneliti berkesimpulan bahwa mengosumsi buah-buahan yang tinggi kandungan lycopenenya, bisa menekan resiko terserang stroke hingga 50 persen. (gatra)

Kategori: KOLOM Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.