ASTRONOM TEMUKAN PLANET BARU BERPOTENSI DIHUNI

London, (LINGGA POS) – Tim ahli astronomi Inggris-Jerman telah menemukan satu planet baru yang berpotensi di huni manusia. Planet itu mengorbit di dekat Mataharinya dan diperkirakan memiliki iklim mirip Bumi, sehingga dapat menunjang kehidupan. Tim semula menemukan 3 dari planet itu berada di wilayah yang disebut Zona Goldilocks, rangkaian disekitar Matahari, dengan temperatur tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin bagi kehadiran air cair. “Bintang HD 40307 adalah bintang kerdil tua yang sangat tenang, sehingga tak ada alasan menjumpai planet semacam itu tak berisi iklim seperti di Bumh,” kata Guillem Angla-Escude dari university of Goettingen, Jerman. Ia memimpin penelitian itu bersama Mikko Tuomi dari University of Herffordshire, Inggris.

Planet itu memiliki massa sedikitnya 7 kali massa Bumi, tapi mengorbit dalam jarak yang sama dari Mataharinya, yang berarti planet itu menerima jumlah energi Matahari seperti yang diperoleh Bumi. Lebih dari 800 planet telah ditemukan di luar sistem Galaksi Bima Sakti seperui pertama kali di deteksi pada awal 1990-an. Namun hanya segelintir planet telah berada di wilayah yang bisa di huni. Bahkan, yang lebih langka adalah beberapa planet di zona yang berputar, seperti yang satu ini, untuk menciptakan waktu siang dan malam. Sehingga meningkatkan kemungkinan terbentuknya lingkungan seperti Bumi. Planet yang tidak berputar dikatakan sebagai terikat pasang-surut, dan satu setengahnya berada dalam kegelapan terus menerus.

“Ini adalah planet yang paling mendekati Bumi dalam hal zona yang bisa di huni yang tidak terikat pasang-surut,” kata ahli astronomi dari University of Herffordshire, Hugh Jones kepada Reuters, Kamis lalu. (kks)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.