INDONESIA PENGGUNA INTERNET KEEMPAT TERBESAR ASIA

(LINGGA POS) – Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di Asia. Dalam penggunaan internet di Asia itu, Indonesia menempati peringkat keempat. Peringkat satu dipegang China, kedua India, ketiga Jepang, kelima Korea Selatan dan disusul Vietnam, Filipina, Thailand dan Malaysia.

Kemajuan yang dicapai Indonesia, memang cukup menggembirakan, baik untuk kebutuhan informasi maupun pendidikan. Namun, di balik itu semua perlu juga disadari penggunaan internet tersebut jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan negatif dan tidak bermanfaat dan justru digunakan untuk penipuan, tindak kriminal lainnya atau juga hanya untuk mengakses konten pornografi, sara dan sebagainya.

Padahal seperti kita ketahui, banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan internet, seperti untuk bisnis, bergabung dengan mailing list atau forum-forum yang sesuai dengan produk yang ditawarkan, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuka e-mail, messenger, toko online, atau pun membuka blogspot.com, wordpress.com termasuk yang popular seperti facebook, twitter, jejaring sosial, browsing hingga file sharing dan lain sebagainya sesuai yang dibutuhkan.

Penetrasi internet di Asia pada 2012 melonjak 27 persen dari tahun sebelumnya atau 24 persen, dengan jumlah pengguna di Indonesia saja mencapai 55 juta orang. Sementara untuk kawasan Asia mencapai 1.034 miliar orang pengguna internet, dimana sekitar 811 juta orang diantaranya menggunakannya untuk kegiatan media sosial seperti facebook, atau Ozone di China dan twitter. Dapat dikatakan, sekitar 50 persen populasi pengguna sosial media di dunia berada di kawasan Asia. Pengguna facebook di Indonesia tembus pada angka 28 juta orang, sementara di China mencapai 552 juta orang dari sekitar 1,3 miliar penduduk negara tirai bambu tersebut. (jk,mi,sn)

Kategori: IPTEK, MANCANEGARA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.