Seperempat Penghuni Bumi adalah Muslim

Indonesia menempati peringkat satu dengan jumlah Muslim terbanyak di seluruh dunia

LinggaPos Satu dari empat penduduk dunia adalah Muslim. Indonesia menempati peringkat satu dengan jumlah Muslim terbanyak di seluruh dunia. Laporan itu disampaikan Pew Forum on Religion and Public Life setelah melakukan penelitian, survey dan mengkompilasi data selama tiga tahun dari 232 negara serta teritori di seluruh dunia.

Setidaknya 1,57 miliar populasi Muslim dari seluruh dunia diperkirakan 60 persennya berada di benua Asia sedangkan 20 persen berada di Timur Tengah dan Afrika Utara. “Jika dunia hendak menciptakan pengertian yang lebih baik antara AS dan dunia muslim, kini kita harus fokus pada wilayah selatan dan Asia Tenggara, bukannya Timur Tengah” ungkap Brian Grim, peneliti senior Forum.

Seluruh data menggunakan 1500 sumber berbeda, termasuk laporan dari sensus demografi dan survey populasi secara umum. Data diambil dari sensus data nasional dan survey berdasarkan pertumbuhan populasi di setiap negara. Penelitian itu menghasilkan sepuluh negara dengan penduduk Muslim terbanyak. Mulai dari peringkat teratas, yaitu Indonesia dengan total umat muslim sebanyak 202.867.000 jiwa. Negeri jamrud khatulistiwa didkenal dengan 88,2% penduduknya Muslim. Disusul Pakistan di posisi kedua, India ketiga, Bangladesh keempat. Berikutnya berturut-turut Mesir, Nigeria, Iran, Turki, Aljazair dan Maroko diperingkat ke lima hingga kesepuluh. Maroko 99 persen penduduknya Muslim dengan total 31.993.000 pemeluk Islam. Selain itu muncul pula daftar populasi Muslim berdasarkan komposisi benua. Kawasan Asia Pasifik menempati posisi pertama dengan total 61,9%. Kedua ditempati Timur Tengah hingga Afrika Utara dengan persentase 20,1%. Disusul oleh Subh Sahara Afrika 15,3%, Eropa 2,4% dan Amerika 0,3%.

Kabupaten Lingga yang dikenal dengan negeri Bunda Tanah Melayu dan suku Melayu yang identik dengan Islam sekitar 90% penduduknya Muslim dari sekitar 96.000 penduduk yang terdiri dari lima kecamatan. Kehidupan masyarakatnya yang heterogen memberikan nuansa tersendiri bagi berbagai suku dan agama ditunjang sifat suku Melayu yang terbuka dan menerima dengan tulus para “pendatang” dan saling menghormati satu sama lain. Pemkab Lingga telah menganggarkan sebesar Rp. 1,8M dari alokasi APBD Lingga tahun 2010 untuk membantu aktifitas keagamaan khususnya Islam. Perkembangan syiar Islam sangat menggembirakan dimana antara lain ditunjukkan dengan tambah suburnya Majelis Taklim, Remaja Masjid serta pembinaan dari Da’i muda, pengajian dan sebagainya dengan para Ustadz dan Alim Ulama saling bersinergi menysiarkan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Kategori: MANCANEGARA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.