KIAMAT INTERNET TERJADI MINGGU DEPAN ?

(LINGGA POS) – Boleh jadi ramalan suku Maya kuno tentang kiamat yang akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 hanyalah hoak. Namun, ada ‘kiamat’ lain yang siap menanti. Dalam hal ini, memang bukan kiamat dalam artian sesungguhnya, melainkan akhir dari kebebasan berekspresi, beraktivitas dan melakukan penjelajahan di internet. Di bulan Desember ini, akan diadakan satu konferensi yang bernama World Conference on International Telecommunications (WCIT). Suatu konferensi yang rencananya akan dihelat untuk membahas dan memperbarui peraturan-peraturan internet yang selama ini berlaku. Info World edisi Jumat (30/11) melansir, memang ada sisi positif dari konferensi itu, namun dibalik itu semua, nantinya tidak akan ada lagi kebebasan dalam penggunaan internet. Ada pula pihak-pihak tertentu yang akan menjadi ‘polisi’ di internet. Dengan munculnya pihak yang menurut para pakar adalah diktator baru di dunia internet maka ada kemungkinan semua aktifitas, semua e-mail dan segala hal yang dilakukan pengguna internet dapat dilacak, direkan dan, lebih parahnya dapat dimanfaatkan untuk tujuan lain. – Bahkan WCIT Leaks menyoroti bahwa dengan perhelatan ini yang akan diikuti 193 negara anggota tersebut akan merusak sisi kebebasan berekspresi dan beraktivitas di internet. Tidak hanya itu, apapun hasil yang diputuskan nantinya juga akan menguntungkan pihak anggota International Telecommunication Union (ITU) serta tidak akan ada lagi yang namanya transparansi.

Banyak pihak yang tidak setuju dengan perhelatan ini, salah satunya Google. Perusahaan raksasa ini secara terang-terangan membuat satu laman baru di situsnya yang berjudul Take Action. Laman ini bertujuan mengajak pengguna internet lain yang sepaham dengan mereka yang tidak setuju dengan konferensi WCIT ini, termasuk juga yang dilakukan dua peneliti dari George Mason University.

Disebutkan, perhelatan WCIT ini akan dilaksanakan pada 3 – 14 Desember 2012 di Dubai. Apakah Anda akan diam saja, ketika ‘kiamat’ internet itu datang ? Apabila Anda tidak setuju dengan pemberangusan kebebasan berinternet, maka Anda dapat mengakses Google Take Action ini. (mdk,rtc)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.