Khazanah Melayu : BAHASA INDONESIA TERSULIT NOMOR 3 ASIA, NOMOR 15 DUNIA

(LINGGA POS) – Tanpa kita sadari ternyata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu Kepulauan Riau, adalah bahasa tersulit ketiga di Asia, dan dipelajari di 45 negara. Banyaknya kebudayaan di Indonesia kerap kali membuat negara-negara lain ingin menelitinya, bahkan ada yang mengaku dan mengklaim budaya asli negeri ini menjadi milik mereka. Sebenarnyalah, Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang paling sempurna baik dari sisi alamnya maupun kebudayaan.

Dari ragam bahasa, terdapat lebih dari duaratus bahasa daerah (Buku Pintar, HM. Iwan Gayo), kuliner, sumber daya alam, wisata, iklim, letak strategis dan berbagai keunggulan lainya. Dari beberapa fakta yang dirilis Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Deplu, Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia menyebutkan saat ini sudah 45 negara yang menggunakan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah dan perguruan tingginya, seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada, Vietnam dan lain-lain. Seperti contoh di Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah menggunakan bahasa Indonesia di negara Kanguru itu. Bahkan, anak-anak kelas 6 Sekolah Dasar (SD) sudah ada yang bisa berbahasa Indonesia. Sementara Harin Kompas menyebutkan di Vietnam, bahasa Indonesia adalah bahasa terpopuler kedua. Dikatakan Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Irdamis Ahmad, “Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi, sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa yang diprioritaskan di sana (Vietnam)”. Perguruan tinggi di negara itu juga rutin mengadakan berbagai kegiatan rutin seperti lomba pidato dalam bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia dan pameran kebudayaan. Universitas Hong Ba, Universitas Nasional HCMC dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi Bahasa Indonesia. Menurut Wikipedia, bahasa Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 26 di dunia dan sebagai bahasa tersulit ketiga di Asia setelah bahasa Jepang dan bahasa Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia,” sebut sumber itu.

Penelitian dari Lembaga Peneliti Bahasa Indonesia, menyebutkan dari segi gramatikal dan kompleksitivitas bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah. 1. Bahasa Ibrani (Yahudi) 2. Bahasa Yunani 3. Bahasa Latin 4. Bahasa Jepang 5. Bahasa Korea. Sedangkan bahasa Indonesia berada diperingkat 15 dunia. (kks)

Kategori: IPTEK Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini: bahasa tersulit di asia

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.