DINKES LINGGA GANDENG 3 UNIVERSITAS UNTUK PENEMPATAN DOKTER SPESIALIS

Dabo, (LINGGA POS) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga dr. Ignatius Luti mengakui, pihaknya selama ini mengalami kendala untuk menempatkan para dokter spesialis di Lingga. Mereka sepertinya enggan bertugas dan mengabdikan diri di daerah ini dengan berbagai alasan. Seperti masalah minimnya pendapatan dan atau juga masalah sarana transportasi mengingat wilayah Lingga yang terdiri dari pulau-pulau (hinterland), dengan letaknya yang saling berjauhan secara geografis. Apalagi jika sedang musim gelombang tinggi yang tentunya faktor keselamatan menjadi prioritas yang tak bisa dianggap remeh.

Diakui Luti, yang telah dua periode menjabat Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lingga, pihaknya mencoba mengatasi hal itu melalui kebijakan pemerintah tentang Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Kompetensi (PDSBK), dimana dengan program ini mengharuskan dokter yang sudah memiliki kompetensi untuk bertugas di daerah-daerah. “Program PDSBK ini memang mengharuskan kepada setiap Pemda menjalin kerjasama dengan universitas yang mendidik calon dokter spesialis. Sebelum di wisuda mereka diwajibkan bertugas di daerah yang telah bekerja sama dengan universitas,” kata Luti, dikutip dari Tanjungpinang Pos, kemarin.

Pemkab Lingga melalui Dinkes Lingga telah menjalin kerjasama dimaksud dengan tiga universitas ternama di tanah air, yakni Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pajajaran (UNPAD) Bandung, dan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, dimana sebelumnya dari ketiga universitas tersebut sebelumnya telah menjalin kerjasama penempatan dokter spesialis dari masing-masing universitas ke Lingga.

Kata Luti, di Lingga saat ini terdapat 7 orang dokter spesialis dari ketiga universitas itu, yakni spesialis kebidanan 2 orang, bedah 2 orang, penyakit dalam 1 orang, anestesi 1 orang dan dokter mata 1 orang. Luti berencana ke depan agar dokter bedah cukup satu orang dan diganti dengan dokter anak, karena sangat dibutuhkan keberadaanya di Lingga. Disamping itu, Pemkab Lingga bekerja sama dengan Dinkes Lingga memberikan bantuan mengambil spesialis dibeberapa bidang keahlian kepada para dokter di jajaran Dinkes Lingga. (arn,tp)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.