ANAMBAS, PULAU TROPIS TERINDAH di ASIA

(LINGGA POS) – Negara kita Indonesia, khususnya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), patut bangga sembari bersyukur atas karunia alamnya yang indah dan memukau. Satu lagi kepulauan di Indonesia telah dinobatkan sebagai “Pulau Tropis Terindah Se-Asia”. Ya, kepulauan Anambas di wilayah Kepri, Indonesia berhasil menduduki urutan pertama setelah bersaing ketat dengan 4 pulau tropis lainnya di Asia, yakni Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Island (Thailand).

Pemilihan pulau tropis terindah ini diselenggarakan oleh CNN.Com dengan penilaian yang dilakukan secara serius dan melibatkan Managing Editor Boath Asia 2012 Herman Ho, dan pendiri dan editor Travelfish.Or. Stuart McDonald. Menurut Herman Ho, kepulauan Anambas ini sangat direkomendasikan bagi para penggemar diving dan snorkeling. Anambas memang pantas dinobatkan sebagai pulau tropis terindah di Asia. Kepulauan yang terdiri dari sekitar 238 pulau dengan pantai berpasir putih yang sangat elok memesona, dan menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara.

Beberapa pulau diantaranya juga terkenal sebagai habitat penyu berkembang biak. Seperti Pulau Bawah, yang terkenal dengan lagunanya (semacam danau air laut) yang terpisah dari lautan lepas. Laguna di gugusan pulau ini dibentuk oleh gugusan pulau dengan airnya berwarna biru jernih. Pemandangan di dasar laguna termasuk ikan-ikan dan batu karang yang terlihat jelas dari permukaan air. Pasir putih menyelimuti dasar laguna dan terdapat terumbu karang di beberapa titik. Menurut Peter Michael Timmer, seorang berkebangsaan Amerika, yang juga pemilik PT Tembesu Development, laguna di Pulau Bawah Kepulauan Anambas, adalah salah satu yang terbaik di dunia, sekelas dengan Pulau Bora-Bora di Tahiti. Peter sudah berpengalaman mengunjungi banyak laguna di dunia. Ia sendiri mengelola laguna di Thailand dan Filipina. Hanya saja, Kepulauan Anambas di Kepri ini masih kurang dikenal di negeri sendiri. Sebaliknya, wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung di pulau eksotik ini. Kepulauan Anambas adalah aset berharga. Kondisi pantainya masih alami dan terumbu karangnya masih terjaga dengan baik. Ikan-ikan karang banyak berseliweran di sekitar pantai, sementara daratan di gugusan Pulau Anambas masih merupakan hutan hijau yang rimbun. (jk,kks,net)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

One Response to "ANAMBAS, PULAU TROPIS TERINDAH di ASIA"

  1. Reski Uchiha berkata:

    keren,… nanti kalau ada waktu nak lah ke pulau tu,…

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.