DISDIK KEPRI GELAR DIKLAT MASTER TEACHER

Tanjungpinang, (LINGGA POS) – Berkenaan dengan tindak lanjut tentang penerapan kurikulum baru pada Juli 2013 sesuai keputusan Kemendiknas RI yang akan dilaksanakan secara efektif awal kalender tahun akademik 2013/2014, maka Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Kepri telah mempersiapkan beberapa kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para guru di Kepri. Hal ini dimaksudkan agar terdapat kesiapan dalam melaksanakan perubahan kulikulum baru tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Kepri, Atmadinata mengungkapkan, pada sekitar Maret-April ini Kemendikbud akan menggelar diklat bagi sekitar 40 ribu orang Master Teacher di seluruh Indonesia. Dijelaskannya, diklat master teacher ini akan diikuti oleh kepala sekolah, guru inti, pengawas sekolah, guru berprestasi dan guru sarjana yang sudah bersertifikasi. Nantinya, mereka akan persiapkan dalam perubahan pelaksanaan perubahan kurikulum baru, yang kemudian akan kembali memberikan pendidikan yang didapat kepada kepala sekolah masing-masing secara berjenjang. Pelaksanaan kegiatan diklat tersebut, lanjut Atmadinata akan dilakukan di dua tempat, yakni di Jakarta dan di provinsi masing-masing disesuaikan dengan petunjuk dan kebijakan Kemendikbud yang nantinya akan mengkoordinir kegiatan diklat. “Yang penting kita harapkan agar ketika kurikulum ini mulai berlaku, khususnya para guru dan siswa sudah dapat menerapkannya sesuai jadwal yang telah ditentukan. Secara teknis, perubahan kurikulum ini bukan hanya penghapusan beberapa mata pelajaran di tingkat SD dan SMP saja, tetapi juga berfokus pada pola interaksi, cara belajar mengajar guru di kelas,” ujar Atmadinata.

Jika selama ini para siswa hanya diberi tahu, maka ke depannya, mereka harus bisa mencari tahu akan satu ilmu pengetahuan di bawah bimbingan langsung gurunya. Kata dia, ada tiga hal yang harus dikedepankan dalam perubahan kurikulum baru, yakni pertama mengenai sikap, kedua keterampilan dan ketiga ilmu pengetahuan itu sendiri. Kemendikbud juga telah menyiapakan kebutuhan buku-buku pegangan bagi siswa dan guru dengan metode berbeda dan bisa di download dari situs resmi kementerian. (tp)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.