NASA : 15 FEBRUARI 2013, ASTEROID DA14 TIDAK SAMPAI KE BUMI

(LINGGA POS) – Menanggapi spekulasi yang beredar di masyarakat terkait berita asteroid yang sedang mendekati Bumi (LINGGA POS 4/2-2013), Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dilansir dari Examiner, Rabu kemarin memastikan, asteroid yang diberi nama 2012 DA14 itu tidak akan sampai ke permukaan Bumi. Namun, NASA meyakini bahwa asteroid yang diperkirakan sebesar lapangan bola itu akan “melintasi” Bumi pada 15 Februari 2013. Benda luar angkasa itu akan meluncur dengan jarak terdekat 17.200 mil, atau setara 27.680 kilometer dari permukbn Bumi. Memang, jarak asteroid ini lebih dekat dibandingkan beberapa satelit buatan manusia yang mengorbit Bumi.

Meski lebih dekat, NASA menyimpulkan benda langit itu tidak akan berbenturan dengan Bumi. “Benar-benar tidak ada kesempatan asteroid tersebut menghantam Bumi, dan sangat kecil kemungkinan dia (asteroid) menghantam satelit,” tulis NASA dalam keterangan resminya. Asteroid 2012 DA14 pertama ditemukan oleh sekelompok astronom Spanyol di La Sagra, observatorium yang terletak di selatan Spanyol. Ini bukanlah pertama kali Bumi kedatangan tamu asteroid besar. Sebelumnya, 30 Juni 1908, batu angkasa seukuran DA14, sebesar 30-40 meter berhasil menembus atmosfer dan meledak di permukaan Siberia, Rusia. Peristiwa ini dikenal dengan Peristiwa Tunguska. Dampak ledakan dahsyat tersebu meratakan pepohonan seluas 820 mil persegi.

Sekitar 50 ribu tahun lalu, asteroid berukuran kurang lebih sama dengan lapangan sepak bola juga pernah “menyapa” permukaan Bumi, dengan menciptakan kawah meteor seluas 1,6 kilometer di Arizona, Amerika Serikat. (eh,vn)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.