MENGKHAWATIRKAN, PENDERITA HIV/AIDS DI LINGGA SEMAKIN BERTAMBAH

Dabo, (LINGGA POS) – Jumlah kasus penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lingga selama periode 2011-2012 diketahui semakin bertambah. Pada 2012 terdapat sebanyak 16 orang penderita, bertambah 5 orang penderita dibanding 2011. Ironisnya, salah seorang penderita tersebut masih berusia remaja (15 tahun). Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyelamatan Lingkungan (P2PL) Pemkab Lingga, Rosmalisa, Selasa kemarin.

Data tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di wilayah Lingga. Dia merincikan, jumlah penderita HIV/AIDS terbanya pada kisaran usia 30-34 tahun sebanyak 6 orang, usia 25-29 tahun sebanyak 4 orang, usia 20-24 tahun sebanyak 2 orang, dan yang berusia remaja (15 tahun) 1 orang. Adapun jenis kelamin penderita didominasi oleh kaum wanita sebanyak 13 orang dan sisanya laki-laki. Menurut Rosmalisa umumnya para penderita diketahui memang sudah lama mengidap HIV/AIDS dan baru memeriksakan dirinya ke Puskesmas atau Rumah Sakit setempat. “Meningkatnya jumlah penderita, lebih dipicu karena ketidaktahuan si penderita sendiri. Mereka tidak tahu kalau dirinya telah tertular virus HIV/AIDS tersebut, dan secara tidak sengaja menularkannya kepada pasangan mereka,” ujarnya.

Karena itu untuk melakukan pencegahan penyakit yang mematikan tersebut secara dini, pihaknya pada 2013 ini telah mengajukan anggaran dana untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan pencegahan HIV/AIDS. Sementara untuk penanganan para penderita yang positif HIV/AIDS dilakukan dengan meningkatkan sistem antibodinya dan sterilisasi kepada para penderita. Hanya saja, memang ada kendala tersendiri karena hingga saat ini di Lingga belum memiliki klinik khusus untuk menangani masalah penyakit HIV/AIDS yang lebih representatif. (arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

3 Responses to "MENGKHAWATIRKAN, PENDERITA HIV/AIDS DI LINGGA SEMAKIN BERTAMBAH"

  1. Andho Rahmadani berkata:

    alamaakk,, da mulai bnyak pulak tu pnykt….

  2. Egy Febriandani berkata:

    makan tag pantang sangat,,,

  3. Bayu Novianda berkata:

    fenomena gunung ES. hati-hati realnya bisa lebih dari itu

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.