ANDAI 1.426 ORANG TERKAYA DUNIA GABUNG BIKIN 1 NEGARA

(LINGGA POS) – Untuk ke 27 kalinya majalah Forbes melansir daftar orang terkaya dunia. Tahun ini tercatat 1.426 orang yang layak menyandang predikat terkaya sejagat dengan total kekayaan mencapai US$5,4 triliun. Total kekayaan miliarder dunia ini memang sulit dipahami secara sederhana. Forbes mencoba meramu apa arti nilai dari kekayaan para miliarder ini dilihat dari berbagai sisi. Berikut arti kekayaan orang terkaya dunia 2013 :

  1. Jika dianggap sebuah negara, total kekayaan miliarder ini mencapai US$5,4 triliun menempati posisi sebagai negara terkaya ke-4 di dunia. Atau berada satu tingkat di bawah Jepang dengan produk domestik bruto (PDB) US$5,98 triliun. Kekayaan mereka juga mampu mengalahkan negara raksasa ekonomi Eropa, Jerman, dengan PDB US$3,37 triliun.
  2. Jika para miliarder ini mau bersatu dalam sebuah negara dan ingin mendirikan negara sendiri, maka kekayaan Carlos Slim (orang terkaya nomor 1 dunia) yang memiliki kekayaan US$73 miliar atau lebih tinggi dari PDB Azerbaijan yang hanya US$71 miliar. Sementara kekayaan miliarder Koch bersaudara US$68 miliar, hampir sama dengan PDB Kuba US$68,7 miliar.Sedangkan total kekayaan Walton bersaudara US$116 miliar, lebih tinggi dibandingkan PDB Angola yang sebesar US$114,8 miliar.
  3. Jika seluruh kekayaan 1.418 miliarder ini digabungkan lalu dibagikan merata, maka setiap miliarder akan mengantongi US$3.809.123.422,16. Penjatahan ini akan membuat 75 persen dari mereka menjadi orang yang lebih kaya dari posisi saat ini.
  4. Jika para miliarder ini memiliki rasa sosial tinggi, kekayaan mereka tersebut bisa membantu melunasi sepertiga utang pemerintah Amerika Serikat. Atau bisa dibagikan ke seluruh penduduk dunia, dimana masing-masing akan menerima sebesar US$768,37 !

Berikut daftar 10 orang terkaya dunia 2013 versi Forbes :

  1. Carlos Slim Helu, yang sudah empat kali berturut-turut diperingkat 1 orang terkaya sejagat). Dengan nilai kekayaan US$73 miliar. Sumber pendapatan dari Telecom, Slim berasal dari Meksiko.
  2. Bill Gates, kekayaan US$67 miliar, sumber Microsoft, dari Amerika Serikat.
  3. Amancio Ortega, kekayaan US$57 miliar, sumber Zara (fashion), dari Spanyol.
  4. Warren Buffet, kekayaan US$53,5 miliar, sumber Berkshire Hathaway, dari Amerika Serikat.
  5. Larry Elison, kekayaan US$43 miliar, sumber Oracle, dari Amerika Serikat.
  6. Charles Koch, kekayaan US$34 miliar, sumber berbagai usaha, dari Amerika Serikat.
  7. David Koch, kekayaan US$34 miliar, sumber berbagai usaha, dari Amerika Serikat.
  8. Li Ka-Shing, kekayaan US$31 miliar, sumber berbagai usaha, dari Hong Kong. (Orang terkaya di Asia dan satu-satunya yang masuk dalam jajaran 20 besar dunia).
  9. Liliane Bettencourt dan keluarga, kekayaan US$30 miliar, sumber L’Oreal (fashion Luis Vuitton, Bvlgari) dari Perancis, dan
  10.  Bernard Armault dan keluarga, kekayaan US$29 miliar, sumber LVMH, dari Perancis. Nah, siapa orang terkaya dari Indonesia versi Forbes 2013 ? Baca LINGGA POS esok. (shd,L6)
Kategori: MANCANEGARA Tags: , , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.