9 FAKTA MENAKJUBKAN DARI BUMI

(LINGGA POS) – Berikut ini adalah sembilan fakta menakjubkan dari bumi, diantaranya :

  1. Dari mana asal nama Bumi? Konon, Bumi (Earth) berasal dari kata Anglo Saxon, yakni Erda yang berarti Tanah. Meskipun faktanya, 71 persen dari Bumi ini adalah Air dan menjadi satu-satunya planet di seluruh alam semesta yang memiliki cairan yang sangat berharga tersebut. Setiap planet di sistem tata surya ini dinamai dengan nama Dewa Dewi dari mitologi Yunani dan Romawi, kecuali planet tempat kita tinggal ini.
  2. Bumi berputar pada porosnya dalam waktu 23 jam, 56 menit, 4 detik. Hari matahari adalah waktu yang diperlukan matahari kembali ke posisi meridian bervariasi sebanyak 16 menit sepanjang tahun.
  3. Bumi dan sebagian potongannya sebelumnya meledak dan menjadi material penciptaan Bulan. Fakta menyebutkan bahwa Bulan memang memiliki kemiripan planet dan isotop logam yang sama seperti Bumi.
  4. Bulan sendiri memiliki pusat tata surya sekitar 6.000 meter lebih dekat ke Bumi dan seharusnya itu membuat orbitnya tak menentu. Namun orbit Bulan hampir melingkar sempurna. Ada fenomena unik, yakni ketika matahari nampak 400 kali lebih besar daripada Bumi, yang membuat Matahari dan Bulan tampak berukuran sama di langit Bumi. Ini sebuah Keesaan Tuhan yang lain.
  5. Kita ketahui, 90 persen samudera belum ter-eksplorasi. Samudera mengandung 97 persen air dan 99 persen kehidupan. Jika sudah ada 212.906 spisies makhluk laut yang sudah kita ketahui, maka masih ada 25 juta lebih sebenarnya spisies yang belum kita ketahui.
  6. Suhu terdingin Bumi? Suhu terdingin – 128,6 F. Anomali cuaca di Bumi memang seringkali terjadi. Antartika (Kutub Selatan) memiliki suhu – 100 derajat F. Namun, titik terdingin justru terjadi saat musim dingin di Vostok Station, Antartika, pada 1983 mencapai – 128,6 derajat F. Sedangkan suhu terpanas terjadi pada 13 September 1922 di El Azizia, Libya dengan 136 derajat F.
  7. Adapun titik tertingi adalah gunung Everest, mencapai 8.849 mdpl. Namun, setelah fakta bahwa Bumi ini tidak bulat sempurna, maka khatulistiwa memiliki jarak lebih dekat ke bintang. Itu berarti, gunung Chimborazo di Ekuador dengan tinggi 6.267 mdpl bisa dianggap titik tertinggi. Karena apa? Gunung Chimborazo terletak di garis ekuator dengan ‘benjolan’ yang lebih tinggi dari pusat Bumi, sehingga ketinggiannya 1,5 mil lebih tinggi dari gunung Everest.
  8. Bumi ternyata ‘kembar’. Bumi punya kembaran bernama Theia, yang berukuran seperti planet Mars, berada 60 derajat di depan atau di belakang Bumi. Sore, sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Theia menabrak Bumi (lihat fakta ke 3). Dan,
  9. Bumi ternyata, adalah satu-satunya planet berlempeng Tektonik, yang menurut para ilmuan terdiri dari 7 lempengan utama kerak Bumi yang bergerak ke arah berbeda sampai 4 inci per-tahunnya. (klc)

 

Kategori: IPTEK Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.