MEI 2013, DISHUBKOMINFO LINGGA BUKA JALUR RORO JAGOH BATAM

Daik, (LINGGA POS) – Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga, Dedi Supartono mengatakan pihaknya merencanakan akan menandatangani kontrak kerjasama dengan pihak pengusaha pelayaran, khususnya kapal roro (roll and rool) untuk jalur Jagoh-Batam. “Kita akan bukam jalur roro Jagoh-Batam dan sebaliknya yang diperkirakan pada awal Mei depan sudah terealisasi,” katanya, Minggu (21/4) dikutip dari Haluan Kepri.

Jalur ini menurut Dedi memang menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan pengembangan perekonomian masyarakat antar kedua daerah dan untuk membuka koneksi utamanya dalam menciptakan peluang bisnis atau pendistribusian komoditas antar wilayah (Lingga dan Kota Batam). Adapun jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal roro tersebut yakni Senin (pagi) : Jagoh-Batam, Selasa (pagi) : Jagoh-Batam, Rabu (pagi) : Batam-Jagoh, Kamis (pagi) : Jagoh-Tanjungpinang, Jumat (pagi) : Tanjungpinang-Jagoh, Sabtu (pagi) : Jagoh-Batam, dan Minggu (pagi) : Batam-Jagoh. Dengan catatan sorenya sampai di Jagoh langsung ke Tanjungpinang.

Sementara jalur kapal roro Jagoh-Penarik saat ini masih dalam tahap pelaksanaan karena adanya kendala masalah lahan yang belum selesai dan masih terus dikoordinasikan dengan pihak terkait (Agraria). Sedangkan jalur kapal roro yang selama ini telah berjalan dengan baik dan telah memberikan dampak signifikan terhadap laju mobilitas kendaraan angkutan darat. Tercatat kedatangan jumlah kendaraan Jagoh-Tanjungpinang pada periode Mei-Desember 2012 : penumpang sebanyak 460 orang, kendaraan roda dua 274 unit, roda empat 86 unit, roda enam 35 unit, roda delapan/sepuluh dan alat berat 3 unit. Sementara pada periode Januari-Maret 2013 : jumlah penumpang 129 orang, kendaraan roda dua 80 unit, roda empat 12 unit, roda enam 6 unit, dan kendaraan roda delapan sebanyak 1 unit. (syk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.