KEPRI PERINGKAT 5 PTN 2013

Jakarta, (LINGGA POS) – Sanggar Seni Megat Syah Alam asal Kabupaten Lingga yang sebelumnya keluar sebagai juara I pada gelar Parade Tari Nusantara Tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung di Hotel Aston, Tanjungpinang pada 27-29 Mei lalu, menjadi duta Kepri pada ajang yang sama di tingkat Nasional atau Parade Tari Nasional (PTN) 2013 yang juga diikuti oleh duta dari provinsi se-Indonesia. Kegiatan PTN 2013 dilaksanakan di Sasana Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (24/8). Sanggar Seni Megat Syah Alam meraih peringkat ke-5 pada kategori Penata Tari Unggulan. “Walaupun belum memperoleh tempat terbaik. Namun, para peserta telah tampil maksimal dan menempati posisi lima di kategori penata tari unggulan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Lingga, Junaidi Adjam dikutip dari Tanjungpinang Pos, kemarin.

Sanggar Megat Syah Alam juga menduduki posisi ketiga belas untuk penyaji unggulan dari 33 provinsi peserta PTN 2013 tersebut. Yang cukup membanggakan, wakil duta Kepri ini dipercaya sebagai mewakili wilayah Sumatera dalam ajang tersebut. “Kita bersyukur kesenian dari Negeri Bunda Tanah Melayu berkesempatan unjuk kebolehan di kelas nasional,” tambah Junaidi. Dia berharap dengan capaian ini, akan dapat lebih memotivasi bagi sanggar-sanggar seni lainnya, khususnya di Lingga. “Kami (Disbudpar Lingga, red) selalu mendukung perkembangan dan kegiatan seni yang ada di Kabupaten Lingga. Antara lain secara rutin menggelar acara seni budaya seperti RSBM di setiap kecamatan secara bergantian di Lingga,” sambungnya. Seperti diketahui Sanggar Seni Megat Syah Alam bermaustin di Daik Lingga, Kabupaten Lingga dan telah beberapa kali menoreh prestasi baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Sebelum mengikuti ajang PTN 2013, sanggar ini sempat unjuk kebolehan di Parade Tari di Batam, Rabu (21/8). Pada April 2011, sukses tampil di Festival Gendang Nusantara (PGN) XIV di Melaka. Ajang kelas internasional ini diikuti oleh 22 peserta dari berbagai negara sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Bandarrya Melaka ke-8. Dihadapan sekitar 10 ribu penonton di Dataran Bandaraya MBMB Melaka, ketika itu Sanggar Megat Syah Alam menampilkan karya tari berjudul Sebait Tun Bilik. Tahniah dan selamat kita ucapkan kepada seniman asal Lingga dan selamat berkarya untuk prestasi yang lebih tinggi. (jk,arn)

Kategori: KEPRI, LINGGA, NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2019. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.