KPUD LINGGA GELAR SOSIALISASI DPS/DPT PEMILU 2014

Daik, (LINGGA POS) – Guna pemantapan berkenaan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemili Tetap (DPT) di Kabupaten Lingga menjelang Pemilu Legeslatif (pileg) 2014 KPUD Lingga menggelar sosialisasi sekaligus pemantapan kepada Ketua, Sekretaris maupun anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lingga, di Hotel Lingga Pesona, Daik Lingga. Sebanyak 89 orang peserta dari seluruh PPK dan PPS yang ada di 69 desa di Kabupaten Lingga ikut dalam kegiatan tersebut. “Sosialisasi atau pembekalan ini kita berikan dimaksudkan agar lebih memahami mengenai masalah DPS dan DPT awal, akhir, dan tetap,” kata Ketua KPUD Lingga, Agussyuriawan. Agus juga menjelaskan bahwa terkait dengan adanya desa-desa dan kelurahan pemekaran baru di Lingga, maka untuk PPS di desa yang sudah ada Pjs Kepala desanya (14 desa pemekaran baru, red) pihaknya mengusulkan akan dimasukkan dalam anggaran 2014 dan akan segera dilantik setelah anggarannya direalisasikan. “Kalau tidak ada pelantikan maka desa tersebut bisa mengacu pada PPS desa induknya,” kata Agus.

232 TPS. Untuk Pemilu 2014 yang akan berlangsung hari puncaknya pada 9 April 2014, di seluruh Kabupaten Lingga terdapat sebanyak 232 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 69 desa/kelurahan. Dibanding pada Pemilu lalu, berarti terdapat dua penambahan TPS pada Pemilu 2014 ini. Penambahan 2 TPS yakni di Kelurahan Daik, Kecamatan Daik Lingga dan di Kecamatan Senayang. 15 DCT DPD DAPIL KEPRI.

Sementara itu KPU  telah menetapkan sebanyak 15 Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Provinsi Kepri. Mereka akan bersaing memperebutkan 4 kursi tersedia di Senayan, Jakarta. 4 dari anggota DPD incumbent saat ini, 3 diantaranya kembali mencalonkan diri yakni Zulbahri, Djasmen Purba, Hardi S. Hood, sedangkan Aida Z. Nasution Ismed mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat pada dapil yang sama. 945 DCT DPD RI.  KPU telah mengumumkan untuk DCT DPD RI 2014 dari 33 provinsi di Indonesia sebanyak 945 orang menyusul hasil Rapat Pleno KPU Rabu, (28/8). “DCT DPD RI 2014 berjumlah 945 orang. Terdiri dari 826 orang laki-laki dan 119 orang perempuan,” kata Ketua KPU RI Husni Kamil Malik, Kamis (29/8). Hasil itu didapat setelah verifikasi KPU yang semula berjumlah 1.033 pendaftar dan berlanjut pada DCS menjadi 947 orang dan diumumkan di DCT 945 orang. Daerah dengan DCT DPD RI terbanyak adalah dari Provinsi Sulawesi Tenggara (63 orang) dan yang paling sedikit DI Yogyakarta (13 orang). Sementara Provinsi Sumatera Selatan dengan persentase perempuan terbanyak (25 persen) dan Maluku Utara terkecil (3 persen), atau dengan total persentase perempuan untuk DCT DPD RI (13 persen). (arn,hk,bt)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.