SELEKSI PENERIMAAN CPNS DIMULAI

Jakarta, (LINGGA POS) – ADA 65 RIBU LOWONGAN.  Penerimaan CPNS 2013 mulai digelar sejak Senin (2/9). Sejumlah instansi mulai mengumumkan lowongan CPNS. Sebanyak 339 instansi pemerintah terdiri dari 69 Kementerian/Lembaga, 23 pemerintah provinsi dan 237 kabupaten/kota menggelar seleksi penerimaan CPNS 2013 dari jalur umum atau terdapat 65 ribu formasi yang terbagi dalam 40 ribu untuk pemerintah daerah, 25 ribu untuk instansi pusat. Dari jalur seleksi CPNS tenaga honorer Kategori 2 (K2) terdapat 600 ribu lebih yang akan memperebutkan kursi CPNS melalui Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang akan dimulai 3 November depan. Pada jalur yang sama juga digelar TKD dengan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) bagi jalur pelamar umum.

3 SKEMA SELEKSI.  Seleksi CPNS dari jalur umum dan honorer K2 pada tahun ini ada 3 skema seleksi lainnya, yaitu untuk formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi CPNS calon sisten ikatan dinas. Ada juga afirmasi untuk kaum disable, putera puteri terbaik dari Papua, serta bagi atlet berprestasi untuk dijadikan PNS.

TIGA TIPE SOAL TES.  Untuk TKD, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyiapkan tiga tipe/kelompok soal tes yakni tipe A (SLTP, SD), tipe B (SLTA, DI, D2-D3/Sarjana Muda) dan tipe C (D4, S1, S2, S3). Penyusunan soal TKD dilakukan Panselnas dibantu oleh konsursium Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan soal TKD disusun oleh instansi pembinaan masing-masing, untuk bidan kependidikan oleh Kemendikbud, kesehatan oleh Kemenkes, bidang administrasi oleh BKN, dan seterusnya. Penentuan kelulusan tenaga honorer K2 berdasarkan nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Menteri PAN-RB. Untuk keterangan informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses di www.menpan.go.id. (jk,k24)

Kategori: KEPRI, LINGGA, NASIONAL
Topik populer pada artikel ini: penerimaan cpns kab lingga 2014

6 Responses to "SELEKSI PENERIMAAN CPNS DIMULAI"

  1. Indra Maulana berkata:

    gmne nih kabupeten lingga cpns ya tinggal diam aje.ada apa dlm birokerasi ya?

  2. Indra Maulana berkata:

    tolong ya pak lingga pos, beriktahu msykat kb lingga nih masah CPNS.pak kn media semua untuk masykat,

  3. Surayu Ahya berkata:

    berharap bise ikut tes CPNS di lingga, tapi untuk pelamar umum malah tak ade kabar ..
    sedihnye ..
    🙁

  4. Priandi Octa berkata:

    Pak Pos,,, Tolong Informasikan Kouta Penerimaan CPNS untuk Kab. Lingga…Brapa % kuota untuk pendidikan dan Instansi Lain…Serta Syarat2 yang di butuhkan untuk mengikuti Test CPNS Lingga,,, Makasih. Moga sukses sLalu…amin.

  5. Itra San berkata:

    kuotanya maasih 99,999%…cumaan buat loo..abizz..sorry ea… nasib lo di bagian program di slbe aza…….capek deeeh…pusiiiingg!!!!!…

  6. Itra San berkata:

    jalan-jalan ke padang la…

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.