KIPER PALING HEBAT SEPANJANG MASA

(LINGGA POS) – Jika seorang penyerang bertugas membobol gawang lawan, sebaliknya, tugas seorang kiper atau penjaga gawang adalah mencegah gawangnya dari kemasukan bola. Kiper, adalah pemain terakhir di garis pertahanan klub, jadi jika seorang kiper tampil dengan baik, maka bisa saja gawangnya tidak kebobolan. Dari sekian banyak kiper di dunia ini, hanya beberapa kiper saja yang pernah mencatat rekor tak kemasukan bola dalam jangka waktu lebih dari 1.000 menit. Mereka yang disebut kiper paling hebat sepanjang masa itu, adalah (dalam kurung nama klub)  :

  • Mazaropi (Vasco da Gama) : Mazaropi sukses menjaga gawangnya dari kemasukan selama 1.816 menit atau gawangnya bersih dari bola masuk selama 20 pertandingan. Pencapaian ini diukirnya di liga regional, namun International Federation of Footbal and History (IFFH) tetap menasbihkannya sebagai kiper pemegang rekor cleansheet terlama di dunia hingga saat ini.
  • Thabet El-Batal (Al Ahly) : Thabet menghabiskan karir sepakbola profesionalnya bersama satu klub saja, Al Ahly, Mesir (1973-1991), klub yang sama tempat dia menimba ilmu di akademi sepakbola. Thabet (51), menjadi penjaga gawang Timnas Mesir sama dengan karir profesionalnya (1974-1990).    Rekor cleansheet yang menempatkan dia di urutan ke-2, tercipta pada musim 1977-1978. Terhitung sejak 1975-1976, pemain kelahiran Kairo ini berhasil menjaga gawangnya dari kemasukan selama 1.442 menit. Hebatnya, ia kembali mengukir periode cleansheet terlama ke-5 dua tahun kemudian (1978-Februari 1979), tak kebobolan selama 1.325 menit.
  • Danny Verlidan (Brugge) : Memang tak banyak yang mengenal pemain klub Brugge di era 1990-an ini. Namun ia berhasil menorehkan rekor tak kebobolan selama 1.390 menit atau selama rentang 6 bulan sebagai penjaga gawang Brugge (3 Maret-26 September 1990).
  • Jose Maria Buljubasich (Universidad Catolica) : Sempat diagnosa mengidap tumor otak, tak serta merta membuat ia menyerah. Malah dia berhasil mengukir rekor tanpa kebobolan selama 1.352 menit. Rekor itu ditorehnya dalam rentang Juni-Oktober 2005.
  • Edwin van Den Sar  (Manchester United/MU) : Penjaga gawang Timnas Belanda yang kini telah pensiun, mencatat rekor tak kebobolan terlama ke-6, saat membela MU November 2008-Maret 2009. Ia berhasil menjaga gawang tetap perawan selama 1.311 menit.
  • Essam El-Hadari (Al Ahly) : Hadari bisa dibilang sebagai titisan Thabet El-Batal. Ia berhasil mempertahankan gawangnya dari kebobolan selama 1.288 menit atau selama periode enam bulan di klub Al Ahly, dimana Thabet juga merumput sebelumya.
  • Abel Resino Gomez (Atletico Madrid) : Kiper berkebangsaan Spanyol ini mengukir rekor sebagai salah satu kiper dengan cleansheet terlama di La Liga Spanyol atau pada periode November 1990-Maret 1991. Dalam 14 pertandingan dia berhasik menjaga gawangnya tak kebobolan selama 1.275 menit. Hasil itu menempatkan dia sebagai kiper terhebat sepanjang masa di uruta ke-7.
  • Gaetan Huard (Bordeux) : Huard menjadi kiper Liga negara berjuluk Ayam Jantan, Perancis terlama tanpa kemasukan gol. Pencapaian terbaiknya adalah 1.266 menit dalam rentang Desember 1992-April 1993.
  • Armelino Donizete Quaglino (Palmeiras) : Kiper berjuluk ‘Zetti’ ini menjadi kiper dari Amerika Latin ketiga yang berhasil masuk dalam rekor kiper cleansheet lebih dari 1.000 menit. Zeti berada di urutan ke-9 sebagai kiper yang berhasil mempertahankan gawangnya dari kebobolan selama 1.242 menit sepanjang April-Mei 1987 saat mana ia merumput di klub asal Brazil, Palmeiras. (jk,yob,ic)
Kategori: OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini: kiper paling sedikit kebobolan sepanjang masa

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.