ANDA INGIN PANJANG USIA dan AWET MUDA?

(LINGGA POS)  –  Yang terbaik adalah, berolah raga. Rajin berolah raga membuat tubuh semakin sehat dan menurunkan risiko serangan berbagai penyakit. Sehingga kesempatan hiduppun lebih panjang, meski usia berada di tangan Tuhan. Namun, alangkah baiknya jika kita berusaha menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin dengan cara melakukan olahraga seperti dikutip dari Huffington Post berikut ini :

– Mulai dengan naik turun tangga : Pada 2008, penelitian di Swiss menemukan kalau naik turun tangga menurunkan risiko mati muda sebesar 15 persen, ketika naik turun di sekitar eskalator. Artinya, naik turun tangga dengan jalan kaki berdampak lebih bagi kesehatan tubuh.

– Bersepeda : Dengan bersepeda ke kantor adalah cara yang paling murah dan ramah lingkungan yang bisa dilakukan setiap hari. Bersepeda ternyata masuk dalam salah satu olahraga mampu memperpanjang usia. Dari penelitian di Copenhagen menyebutkan, bersepeda dengan cepat memiliki kesempatan hidup 5 tahun lebih lama.

– Berenang : Dari penelitian diketahui olahraga renang yang dilakukan secara rutin mampu menurunkan risiko kesempatan meninggal sebesar 50 persen. Jika dibandingkan dengan olahraga lari dan jalan kaki sebagai olahraga mereka, perenang juga memiliki angka mati muda relatif rendah.

– Jalan cepat : Penelitian pada 2011 memaparkan, mereka yang berjalan dengan cepat memiliki usia yang lebih panjang dan lebih menunjukkan indikasi usia seseorang dari pada memperpanjang umur. Sebabnya semakin cepat berjalan, semakin sehat pula seseorang. Dan jika dilakukan secara rutin maka tubuh pastilah lebih terasa bugar.

– Jalan kaki : Banyak orang berpikir olahraga yang sehat harus dilakukan lebih dari 30 menit dan berkeringat setelah menjalaninya. Padahal, olahraga yang dilakukan sebentar dan tidak berkeringat juga tak kalah menyehatkan. Penelitian mengungkapkan berjalan kaki 15 menit sehari juga mampu memperpanjang usia hingga 3 tahun.

– Berlari : Selain jalan kaki dan bersepeda, berlari juga termasuk olahraga yang mampu memperpanjang umur. Namun, perlu dilakukan dengan teratur meskipun durasinya tidak terlalu lama. Berlari selama 1,5 jam dalam lima kali seminggu bisa meningkatkan kesempatan hidup hingga 4 tahun.

AWET MUDA.  Awet muda dan bebas penyakit. Siapa yang tak menginginkan  kehidupan tersebut? Makan makanan sehat dan olahraga itulah salah satu syaratnya. Kepribadian khusus yang membuat seseorang tersebut awet muda terlepas dari pola hidup yang dijalani. Apa saja?

– Teliti : Ketelitian adalah salah satu hal yang bisa digunakan untuk memprediksi seberapa panjang kehidupan seseorang, ungkap penulis buku the Longevity Project. Seseorang yang ketika muda memiliki kepribadian gigih, hemat, punya tujuan dan bertanhung jawab, punya kesempatan hidup yang lebih panjang. Sebab, orang-orang dengan kepribadian seperti itu cenderung bisa menjaga kesehatannya dengan baik. Uniknya, ketelitian seseorang bergantung pada kadar senyawa dalam otaknya.

– Mudah tertawa : Jurnal Aging mengklaim beberapa kepribadian berkaitan erat dengan awet muda dan panjang umur. Salah satunya adalah, mudah tertawa. Dari penelitian yang melibatkan para lansia (usia lebih 100 tahun), dengan kepribadian para responden yang ramah dan mudah tertawa.

– Silaturahmi : Berbahagialah Anda yang memiliki keluarga dan teman yang menyayangimu. Sebab, dari penelitian jurnal PLoS Medicine, hubungan sosial yang kuat mampu tingkatkan kesempatan hidup 50 persen lebih lama. Interaksi sosial bukan berdampak positif bagi kesehatan, tapi juga pada fisik secara keseluruhan.

– Optimis : Selain mudah tertawa, ada kepribadian lain yang erat dengan awet muda dan panjang usia, optimis. Untuk mencapai usia 70-100 tahun mungkin ada beberapa kepribadian yang berubah, namun jika optimisme tidak berubah, maka kesempatan bertahan hidup seseorang akan semakin besar. Santai dalam menjalani hidup bisa menambah usia 10 tahun.

– Gembira : Tidak perlu murung larut dalam kesedihan. Hidup adalah risiko. Rasa gembira (happy) bisa menurunkan risiko meninggal sebesar 35 persen dalam jangka waktu 5 tahun ke depan!  – Extrovert (terbuka) : Mereka yang berkepribadian terbuka akan senantiasa awet muda. Karena sifat ini identik dengan kemampuan mengontrol diri dalam situasi mereka yang tertekan, mereka dapat menekan stres karena selalu terbuka, peduli pada orang-orang sekitarnya. (riz,mdk)

Kategori: ENTERTAIN
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.