PIALA AFF U-19 : 22 TAHUN KEMUDIAN …

 Sidoarjo, (LINGGA POS) – Evan Dimas dan kawan-kawan akhirnya keluar sebagai juara pada final turnamen Sepak bola Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/9) menjungkal Nguyen Tuan Anc dan kawan-kawan dengan 7-6. Ini menandai sejarah baru bagi Indonesia. 22 tahun menunggu, Tim Nasional Junior (usia 19 tahun) Indonesia, yang uniknya berasal dari berbagai daerah (Sabang-Merauke) besutan pelatih Indra Syafri menunjukkan kebolehan mereka dengan permainan tanpa kenal menyerah hingga permainan diperpanjang 2 x 15 menit plus adu penalti yang mendebarkan. Dari sembilan pengeksekusi, dua pemain Indonesia Evan Dimas (kapten) dan Zulfiandi gagal menghasilkan gol. Sementara dari Vietnam, 3 pemainnya juga gagal memasukkan bola ke gawang Indonesia. Adalah Ilham Udin, menjadi penentu Indonesia setelah tendangannya gagal diantisipasi oleh Le Van Truong, kiper Vietnam sehingga skor menjadi 7-6, dan Indonesia menjadi juara! Sebelumya, Indonesia menuai kekalahan dengan skor 1 – 2 dari Vietnam pada babak penyisihan grup.
DIGELAR SEJAK 2002. Sejak digelar pada 2002, turnamen sepak bola junior antar negara ASEAN atau Asean Football Federation (AFF) pada AFF U-19 2013 inilah Timnas Indonesia untuk pertama kalinya tampil sebagai juara. Dalam sembilan kali keikutsertaannya Indonesia hanya mampu mencapai babak penyisihan final pada 2002, 2005 dan 2011. Tercatat, Thailand dan Australia yang berstatus undangan sama-sama tiga kali menjuarai turnamen ini. Thailand pada 2002, 2009 dan 2011, Australia pada 2006, 2008 dan 2010.
PERINGKAT 8. Sementara pada level AFF senior Indonesi belum sekalipun meraih juara, kecuali satu kali sebagai juara di SEA Games 1991. Indonesia berada diperingkat 8 AFF. “Ini adalah momentum kebangkitan sepak bola Indonesia. Publik harus bangga dengan gelar ini setelah 22 tahun dahaga (kemenangan). Bagi saya, ini gelar ke-3 setelah dua kali di invitasi Hong Kong lalu,” ujar Indra, pelatih asal Sumbar, yang berharap prestasi timnya terus berlanjut ke level senior. Indonesia : Ravi Murdianto (kiper), M. Fatchurahman, M. Sahrul K, Hansamu Yama, Putu Gede YA, Zulfiandi, Hargianto, Hendra Sandi, Evan Dimas (kapten), Dinan Yahdian, Maldini, Ilham Udin, Mukhlis Hadi, M. Dimas Drajad. Vietnam : Le Van Truong (kiper), Le Van Song, Tran Hunt Dong, Truong Van Thiet, Nguyen Phong Hong, Pham Trum Tinh, Nguyen Tuan Anc (kapten), Pham Duc Huy, Nguyen Chong Phuong, Lam Thi Pong, Nguyen Van Toan. (jk,bn,dt,vn)
Kategori: NASIONAL, OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.