37 NEGARA REBUT 18 TIKET KE PIALA DUNIA

(LINGGA POS) – Dari 32 tempat di putaran final Piala Dunia saat ini masih tersisa 18 tempat. Ke-18 tempat itu masih bisa diperebutkan 37 negara. Amerika Selatan (Conmebol) masih menyisakan tiket langsung ke putaran final. Saat ini baru Argentina dan Kolumbia yang sudah memastikan diri lolos. Chile, Equador dan Uruguay masih berpeluang meraih tiket langsung ke putaran final.

DARI AFC. Di konfederasi AFC, Yordania yang berhasil kalahkan Uzbekistan di ronde ke-5 harus menunggu kepastian tim kelima yang di klasemen akhir round robin Conmebol. Yordania akan bertemu salah satu dari ketiga negara (Chile, Equador, Uruguay) yang melangsungkan pertandingan terakhir (matchday) 18, pada 15 Oktober ini.

ZONA OSEANIA.  Selandia Baru akan laga play off vs tim peringkat empat Zona Concacaf merebut satu tiket ke putaran final. Sedang dari zona Concacaf (Amerika Utara, Tengah dan Karibia) masih menyisakan satu tiket langsung ke Brazil yang juga masih bisa diperebutkan Honduras dan Meksiko. Jika gagal meraih tiket langsung Meksiko atau Honduras masih berpeluang merebut tiket play off dengan bertandang melawan Selandia Baru.

ZONA AFRIKA.  Sementara itu, lima tim dari Afrika atau Konfederasi CAF akan lolos langsung ke putaran final. Saat ini masih 10 negara yang berpeluang bermain di Brazil yang masing-masing memainkan satu pertandingan kandang (11-15/10) dan tandang (15-19/11).

ZONA EROPA.  Dari konfederasi UEFA ini masih tersisa 8 tiket ke putaran final. Baru 5 tim yang memastikan diri lolos sebagai juara grup. Dari 9 grup masih tersisa 4 grup yang belum pasti siapa juaranya. Baru grup D, B, A, E, dan C yang sudah mengambil tiket ke putaran final. Dari posisi di klasemen grup F, G, H, I, masih bisa berubah hingga pertandingan terakhir pada 16/10-2013. Rusia dan Portugal bersaing di grup F, Bosnia Herzegovina dan Yunani berebut posisi juara di grup G. Inggris harus mengatasi Ukraina di grup H sebagai pemuncak grup. Dan, di grup I, Spanyol masih bersaing dengan Perancis untuk menjadi yang terbaik.

Zona UEFA juga masih memiliki 4 tiket play off yang diperebutkan antara runner-up terbaik. Ke-8 negara itu akan melangsungkan pertandingan kandang dan tandang untuk langsung ke putaran final. (yd,bs)

Kategori: OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.