BUKU BIOGRAFI PELE Rp 18 JUTA PER EKSEMPLAR

Sao Paolo (LINGGA POS) – Legenda sepak bola Brasil, Pele, meluncurkan buku biografi terbarunya yang berjudul “1283”. Uniknya, buku setebal 500 halaman dengan dilengkapi 500 foto dan 1283 artikel tentang perjalanan karier si “Mutiara Hitam” itu memiliki berat 15 kilogram dan dilepas dengan harga 1225 Euro atau sekitar Rp 18,5 juta per eksmplar.   1.283 GOAL.   Adapun judul “1283” diambil dari jumlah gol yang dikantongi Pele selama kariernya di sepak bola. Dia memamerkan buku biografinya di Museum of Image and Sound, di Sao Paolo, Brasil, Rabu (16/10). Tersedia sebanyak 1.283 eksemplar dalam acara pembukaan perdana acara itu. “Melihat semua foto tersebut merupakan momen emosional untuk saya. Foto-foto itu membuat saya berpikir tentang semua orang yang mencintai dan mendukung saya sepanjang karier, keluarga, teman-teman dan rekan se-tim dan para penggemar,” sebutnya melalui akun Twitter pribadinya.    “1283” juga akan diluncurkan di New York, London dan Dubai serta tersedia di toko buku tertentu mulai Senin (21/10). Selain edisi reguler, buku biografi ini juga tersedia dalam edisi kolektor yang akan dijual dengan harga 1875 Euro atau sekitar Rp 28,4 juta yang berisi satu foto legendaris Pele dalam satu pertandingan.

MULAI DEBUT 1958.  Pemilik nama lengkap Edison Arantes do Nascimento, namun lebih dikenal dengan nama Pele. Putra dari Dodinho Celeste Arantes, atau nama panggilan Dico, yang juga adalah pesepak bola andal ini, dilahirkan di Tres Coracoes, Brasil, pada 23 Oktober 1940. Pele kecil pernah menjadi pelayan di kedai teh setempat. Sejak 1952, dia bergabung dengan Bauru, klub sepak bola lokal, bahkan untuk membeli sepatu bolanya ia tidak mampu, namun tetap bermain meski tanpa sepatu bola. Usia 15, ia direkrut klub Santos dan dalam satu tahun bergabung berhasil mencetak gol saat melawan Corinthians. Pada akhir musim kompetisi, ia keluar sebagai top scorer liga, ketika berusia 16 tahun.

Pele memulai debutnya di Piala Dunia pada usia 17 dan tercatat sebagai pemain termuda diajang kompetisi bergengsi itu (Piala Dunia Swedia, 1958). Pele mampu menjaringkan 6 gol dan hasil ini menjadikan dia sebagai runner-up top scorer, dan Brasil menjadi juara dunia untuk pertama kali, bahkan berhak memiliki trofi Jules Rimet selamanya karena menjadi juara dunia tiga kali. Dari kaki emasnya, Pele mengantongi 1.283 gol, yang 526 gol itu dibuat dalam laga persahabatan. Dalam empat kali Piala Dunia yang diikutinya bagi Timnas Samba itu, ia memperkuat di 92 partai internasional dengan 77 gol. (jk,lod/k)

Kategori: OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.