JUMLAH MILIARDER DUNIA 2.170 ORANG

(LINGGA POS) – Laporan terbaru dirilis Rabu (6/11) menyebutkan saat ini terdapat sebanyak 2.170 orang di dunia yang memiliki kekayaan bersih sedikitnya US$1 miliar dan menguasai US$6,5 triliun kekayaan. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding pendapatan kotor sebuah negara (kecuali AS dan China). ‘Sensus Miliarder’ yang dilakukan perusahaan riset Wealth-X yang berbasis di Singapura dan Bank Swiss UBSUBSN VX itu menunjukkan, bahwa kelompok paling eksklusif di dunia ini-meski lambat-tetapi terus meningkat. Studi ini menghitung, ada 10 orang miliarder baru tahun ini dengan pendapatan rata-rata sekitar US$3 miliar.

ASIA MENINGKAT. 

Asia adalah kawasan dimana terdapat peningkatan jumlah miliarder yang paling banyak, 508 orang (18 orang lebih banyak dari tahun lalu) dengan total kekayaan bersih mereka naik 13 persen atau total US$1,19 triliun. Orang terkaya Asia adalah pengusaha asal Hong Kong, Li Ka-Shing (urutan ke-8 dunia), dengan kekayaan bersih US$31 miliar. Sementara AS dan Kanada di peringkat kedua dengan jumlah miliarder 552 orang (bertambah 11 orang) dengan total kekayaan bersih mereka naik 2,4 persen. Sebanyak 766 orang miliarder berdomisili di Eropa (turun  29 orang) dengan total kekayaan bersih mereka naik 3,7 persen.

AS TERATAS. 

Amerika Serikat tetap menjadi negara teratas (terbanyak) jumlah miliarder di dunia atau 515 orang, menyusul di posisi kedua China 157 orang, menyusul kemudian Jerman, Inggris dan Rusia. Negara-negara lain di Asia dimana terdapat banyak miliarder adalah India 103 orang, dan Hong Kong dengan jumlah 75 orang miliarder. Secara induvidual orang terkaya di dunia masih dipegang oleh pengusaha Telelomunikasi asal Meksiko, Carlos Slim. Ia memiliki kekayaan senilai US$73 miliar, ditempat kedua raja komputer AS Bill Gates dengan kekayaan US$67 miliar diikuti oleh pengusaha investasi AS, Warren Buffet, pengusaha piranti lunak AS Larry Ellison.

MILIARDER WANITA. 

Tercatat, dari 2.170 orang miliarder tersebut, 369 orang diantaranya adalah wanita. Dari jumlah konglomerat wanita itu, terbanyak berasal dari Belanda (34 persen), diikuti Swiss, Spanyol, Chile dan Swedia. Meskipun, kebanyakan miliarder wanita tersebut berhasil meraup kekayaan adalah dari warisan (peninggalan) orang tua atau hanya meneruskan bisnis keluarga (71 persen) atau 262 orang miliarder dari jumlah miliarder sebanyak 369 orang.

INDONESIA PUNYA 25 ORANG MILIARDER. 

Dari jumlah populasi penduduk Indonesia sebanyak 240 juta orang saat ini. Indonesia memiliki 23 orang miliarder atau menempati urutan negara ke-7 dengan jumlah miliarder terkaya di Asia dan secara global di peringkat ke-20 dunia. Dari jumlah itu terhimpun kekayaan sebesar US$47 miliar! (jk,saf.d,voai,l6)

Kategori: MANCANEGARA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.