PEMKAB LINGGA BERIKAN PENGHARGGAAN KEPADA 6 KOPERASI BERPRESTASI

Dabo (LINGGA POS) – Enam koperasi di Kabupaten Lingga menerima penghargaan dari Pemkab Lingga. Seremonial penghargaan kepada masing-masing pengurus koperasi tersebut berlangsung di Gedung PSMTI Lingga di Dabo Singkep, Kamis kemarin. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkab Lingga, M. Saad mengatakan tercatat sebanyak 77 koperasi yang berdomisili di wilayah Lingga, namun setakat ini baru 33 koperasi saja yang benar-benar aktif. Kepada koperasi yang dinilai berprestasi Pemkab Lingga memberikan apresiasi dan penghargaan berupa trofi, piagam dan sertifikat. Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkab Lingga M. Saad berharap kepada koperasi yang belum berhasil terpilih sebagai koperasi berprestasi di Lingga dapat belajar dan menimba ilmu kepada yang telah berhasil sehingga kepada koperasi yang dinilai belum berhasil nantinya dapat melakukan kinerja yang lebih baik, utamanya dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Ke-6 koperasi yang menerima penghargaan tersebut adalah KPRI SMP Negeri 2 Dabo, Koperasi An-Nisa, Koperasi Kerjasama Bisnis Melayu, KSU Mekar Mandiri, KSU Milik Bersama, dan KSU Semar Jaya.

Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim menghimbau agar para pengurus dan anggota koperasi dapat meningkatkan kinerjanya sehingga apa yang telah diperjuangkan dalam usaha terkait dapat tercapai. “Dengan diberikannya penghargaan ini, kita berharap para pengurus dan anggota koperasi lainnya dapat memotivasi dan lebih giat lagi bekerja sehingga berhasil mensejahterakan anggotanya,” ujar Abu. Menurut Abu, keberhasilan sebuah koperasi dalam prakteknya adalah dalam kebersamaan dan merasa saling memiliki, berusaha dengan giat dan adanya transparansi dari para pengurus dalam pengelolaan manajemen koperasi kepada anggotanya.

Dari ke enam koperasi yang menerima penghargaan dan telah berhasil antara lain Koperasi Semar Jaya yang memiliki sekitar 150 anggota berasal dari Singkep dan Singkep Barat. “Koperasi kami bergerak dalam jenis usaha simpan pinjan dan pemberdayaan perkebunan serta pembudidayaan ikan lele kerambah,” terang Ketua Koperasi Semar Jaya, Elwanto. Sementara Koperasi Serba Usaha (KSU) Milik Bersama yang diketuai oleh Ahmad Jais, beranggotakan sebanyak 60 orang. Koperasi ini juga bergerak dalam usaha simpan pinjam dengan peluang pengembangan usaha pengelolaan sembako, pembudidayaan ikan kerapu kerambah. Menurut Jais, koperasi yang dipimpinnya itu telah dapat memberikan keuntungan yang cukup baik kepada anggotanya dari Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diberikan setiap tahun berjalan. “Kami sangat mengharapkan bantuan dari Pemkab Lingga dan pihak terkait lainnya untuk mengembangkan usaha agar dapat lebih baik seperti bantuan modal usaha dan atau pelatihan serta pembinaan kepada anggota kami, baik secara teknis maupun manajemen bagaimana mengelola koperasi yang baik,” ujar Jais. (arn,hk)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.