50 ORANG TERKAYA di INDONESIA

(LINGGA POS) – Majalah ekonomi Forbes versi Asia kembali mengukuhkan kedudukan Hartono bersaudara, Budi dan Michael Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai Rp175 triliun (US$15 miliar). Pemegang saham mayoritas Bank Central Asia (BCA), sebuah jaringan bank swasta terbesar Indonesia, ini juga menambah gembung pundi-pundinya dari industri rokok Djarum di Kudus, Jawa Tengah. Di barisan berikutnya muncul nama Eka Tjipta Widjaja dari kelompok usaha Asia Pulp and Paper (APP). Kekayaan Eka Tjipta mencapai Rp82 triliun (US$7 miliar). Dan di posisi ketiga adalah keluarga Salim yang diwakili putranya, Anthony Salim sebagai pemegang kendali bisnis. Keluarga ini memiliki kekayaan sebesar Rp73 triliun (US$6,3 miliar) atau naik dari tahun sebelumnya.    Orang-orang kaya Indonesia lainnya adalah keluarga Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam), Chairul Tandjung (Grup Para dan Trans Corp), Sri Prakash Lohia (Indorama), keluarga Boenjamin Setiawan (Kalbe Farma), Peter Sondakh (Rajawali Group), keluarga Mochtar Riady (Lippo Group) dan Sukanto Tanoto (April Group).

Di urutan ke-11 dan seterusnya di isi oleh Putra Sampoerna (Sampoerna), Ciputra (Pembangunan Jaya), Kusnan dan Rudi Kirana (Lion Air), Sudhamek (Garuda Food Group), Jogi Hendra, pendatang baru (Mayora).   TAIPAN POLITIK.  Tercatat para taipan yang juga saat ini aktif di dunia politik (Pilpres 2014) seperti Harry Tanoesoedibjo (MNC Group), Hashim Djojohadikusumo, yang adalah abang kandung Prabowo (Asri Group). Sementara Aburizal Bakrie (Bakrie Group) yang digadang-gadang sebagai peserta Pilpres 2014 dari Partai Golkar, namanya tidak termasuk dalam 50 besar orang terkaya Indonesia tahun ini.

TERMUDA. 

Pengusaha yang bergerak di bidang kelapa sawit, Ciliandra Fangiano, (37) memiliki kekayaan mencapai Rp18,7 triliun (US$1,7 miliar) adalah pengusaha muda terkaya di Indonesia. Dibanding 2010, kekayaannya pada 2013 naik sebesar Rp9,9 triliun. Ia menempati peringkat ke-17. Sebelumnya ia menjadi taipan termuda yang masuk dalam 40 orang terkaya di Indonesia atau peringkat ke-20 pada 2010. Mantan  kepala bankir investasi ini mengendalikan First Resources, perusahaan yang mengelola lebih dari 247 ribu hektare kebun sawit di Sumatera dan Kalimantan.

HANYA SATU WANITA. 

Satu-satunya kaum hawa yang masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes adalah Kartini Muljadhi (83) dan berada di posisi ke-19. Jumlah kekayaannya mencapai Rp15,62 triliun (US$1,42 miliar). Kartini Muljadi pendiri kantor pengacara Kartini Muljadi dan Rekan, sebuah farma hukum pada 1990. Ibu tiga anak ini juga memiliki saham di perusahaan yang dikelola putranya, Handojo (Tempo Scan’), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi. Jika dikumpulkan, total nilai kekayaan para orang terkaya di Indonesia ini setidaknya akan mencapai Rp1,107 triliun (US$95 miliar). (jk,bs,vn)

Kategori: NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.