4 TIPE KEPRIBADIAN BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

(LINGGA POS) – Seperti diketahui, golongan darah adalah pengklasifikasian darah dari suatu individu berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebu. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh. Hanya saja lebih jarang dijumpai. Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung di dalam darahnya.    Secara umum, golongan darah O adalah paling umum dijumpai di dunia, meski pun di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan. Ilmuan Austria, Karl Landrteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO. Penyebaran golongan darah A, B, 0 dan AB, bervariasi di dunia, atau tergantung populasi atas ras.

TIPE KEPRIBADIAN.  Meski tergolong negara maju, bangsa Jepang tak meninggalkan budayanya dan percaya ramalan kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah. Fukukawa Takeji, adalah salah satu tokoh pelopor yang pertama kali menemukan hubungan antara golongan darah dankepribadian seseorang. Kajian yang dilakukan Furukawa itu ternyata bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Bahkan, jauh sebelum mencetuskan adanya hubungan golongan darah dengan kepribadian, ia telah melakukan penelitian yang cukup panjang yang dimulai sejak 1950 hingga 1970-an dan hasilnya semakin menjadi populer. Penelitian itu dilanjutkan oleh dua anak beranak, Masahiko dan Toshifaku Nomi, yang membuat sebuah tim untuk mempelajari dan mengembangkan sub informasi tentang kepribadian berdasarkan golongan darahnya.

Berikut kepribadian seseorang berdasarkan empat jenis golongan darah yang dijabarkan secara singkat, sebagai berikut :  1. Golongan darah 0 (tipe Ksatria), adalah tipikal ksatria dan orang yang selalu menjadi pusat perhatian, pemula, setia, punya semangat yang tinggi dan ‘passion’ , percaya diri, mandiri, dan berambisi tinggi. Namun, mudah cemburu.  2. Golongan darah A (tipe Petani), mereka bergolongan darah A adalah tipikal petani. Berkepribadian kalem, sensitif, sabar, bertanggung jawab. Namun terkadang terlalu kuatir (posesif) dan juga keras kepala.  3. Golongan darah B (tipe Pemburu), dikatakan tipe pemburu karena golongan darah B ini memang orang yang selalu optimis. Individualismenya sangat tinggi, tak terlalu suka dengan aturan dan senang berontak. Ia kreatif, fleksibel, namun liar dan tak mudah ditundukkan. Orang-orang yang bergolongan darah B sulit sekali diprediksi dan selalu melakukan segala sesuatu berdasarkan instink semata.  4. Golongan darah AB (tipe Humanis), mereka yang berdarah AB adalah orang-orang yang unik dan berjiwa sosial. Mereka selalu terlihat bersikap tenang, terkontrol, kritis namun populer dan mudah bergaul (familiar) dengan sesiapa pun. Mereka adalah orang-orang yang selalu berpikir positif dan mengerjakan sesuatu dengan rasional. (jow/jb,wp)

Kategori: IPTEK
Topik populer pada artikel ini:

2 Responses to "4 TIPE KEPRIBADIAN BERDASARKAN GOLONGAN DARAH"

  1. Heartini Clalu Cmangat berkata:

    golongan darah ku AB
    guruku pernah bilang kalo aku ini anaknya unik, eh ternyata ada faktanya juga,, 😀

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.