8 KIPER TERMAHAL di DUNIA

LINGGA POS) – Transfer pemain sepak bola termahal tak hanya melulu dipegang oleh pemain penyerang. Nilai transfer seorang kiper pun juga dapat bernilai tinggi. Di dunia sepak bola, memiliki kiper berkualitas dapat menjadi pembeda dalam setiap pertandingan. Bahkan, pasar-pasar elit Eropa mulai berburu kiper yang berkualitas dan tentunya dengan nilai transfer yang tinggi. Meski demikian, nilai transfer untuk seorang kiper memang masih berada di bawah penyerang maupun pemain gelandang. Dalam sejarah sepak bola, ada kiper yang memiliki nilai transfer yang lumayan tinggi.

Berikut daftar kiper yang memiliki nilai transfer tinggi dikutip dari therichest.com, sebagai berikut:

  1. Gianluigi Buffon, kiper Juventus ini memegang rekor kiper termahal sejagat. Juventus berani membayar US$76,6 juta ke Parma untuk mendatangkannya. Buffon menggantikan posisi Edwin van der Sar. Dia langsung membayar nilai transfer itu dengan memberikan gelar juara Seri A kepada Juventus dan bahkan menunjukkan dedikasi tingginya, saat klub itu didegradasi ke seri B karena terlibat skandal pengaturan pertandingan. Selama kariernya, Buffon meraih 4 gelar seri A, 1 Piala UEFA, 1 Piala Dunia dan sejumlah penghargaan pribadi.
  2. Manuel Neuer, Bayern Munchen berani merogoh uang sebesar US$39,5 juta untuk mendatangkan Manuel dari Schalke 04 pada 2011, meski pun sempat ditentang pendukung Schalke karena tidak setuju pemilik klub menjuak Manuel ke klub rival.   Namun, dia memberi sejumlah gelar untuk Bayern Munchen antara lain Liga Jerman, Liga Champions dan membawa klub ini meraih treble winners. Kini ia menjadi kiper utama Jerman dan diprediksi akan menjadi kiper terbaik dunia.
  3. Francesco Toldo, ia dibeli Inter Milan US$37,9 juta dari Fiorentina pada 2001. Toldo saat itu adalah sebagai kiper utama Italia. Ia menjadi kiper utama Inter Milan hingga 2005 sebelum digeser Julio Cesar. Namun, ia tetap menjadi kiper milik kedua klub itu. Pada 2000, Toldo membawa Itali sebagai juara Piala Eropa.
  4. Sebastian Frey, Inter Milan memboyongnya dari kkub Perancis Cannes, pada 1998 dengan harga US$20,2 juta. Kemudian Inter Milan meminjamkan Frey ke sesama klub Itali , Veronepada 1999. Di sana ia menarik perhatian klub Parma, dan membelinya dengan nilai tinggi US$29,8 juta. Dia merumput di sana hingga 2006. Kini Frey bermain di klub Turki, Bursa Spor.
  5. David de Gea, kiper muda Spanyol ini memulai kariernya di usia 10 tahun saat membeli klub junior Atletico Madrid. Manajer Manchester United (MU) Alex Ferguson tertarik dan memboyongnya dengan tebusan US$28,2 juta. Bersama Red Devil itu dia mempersembahkan sejumlah gelar seperti juara Liga Primier.
  6. Angelo Peruzzi, dia dua kali berpindah klub dengan nilai transfer yang tinggi. Pada 1999 di Inter Milan, yang bersedia merogoh kocek US$26,6 juta, lalu Lazio pada 2000 dengan nilai US$25,8 juta.
  7. Peter Cech, Chelsea berani membelinya dengan nilai US$18,6 juta dari klubnya Rennes. Dia mencetak clean sheet saat melawan MU dan sejak itu menjadi kiper utama Chelsea menggantikan Carlo Cudicini. Peruzzi memberikan sejumlah gelar kepada Chelsea mulai dari tiga gelar Liga Premier, 1 trofi Liga Champions dan 4 Piala FA.
  8. Hugo Lloris, penampilan gemilang Lloris bersama tim Perancis Lyon, membuat sejumlah tim besar tergiur. Dan, Tottenham Hotspur beruntung mendapatkan kiper utama Timnas Perancis itu. Hotspur mengeluarkan dana US$17,7 juta untuk mendatangkannya ke London pada 2012. Tampil konsisten, membuat Lloris menjadi kiper utama tim Perancis itu. (l6)
Kategori: MANCANEGARA, OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.