KOSUMSI SAYURAN & BUAH-BUAHAN UNTUK HAMBAT PENUAN DINI

(LINGGA POS) – Sejak zaman dahulu banyak kalangan yang selalu menginginkan tubuhnya selalu dalaw kondisi awet muda dan fit. Sayangnya, selalu ada saja pertanyaan bagaimana cara untuk mencapai kondisi awet muda tanpa harus bersusah payah untuk meraihnya. Nah, untuk kalangan yang menginginkan hal tersebut atau tidak ingi menjadi cepat tua alias penuaan dini, ada sejumlah jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa dimanfaatkan. Laman Times of India, mengungkapkan setidaknya ada 5 jenis sayuran dan buah-buahan yang dipercaya memegang peranan penting untuk mencegah terjadinya penuaan lebih cepat, yaitu :

  1. Sayuran : Kubis, kembang kol, brokoli, lobak, merupakan jenis sayuran yang menawarkan kemampuan untuk mencegah terjadinya penuaan. Enaknya, berbagai jenis sayuran ini juga dapat membantu melawan kanker dan sejumlah racun lainnya yang ada dalam tubuh.
  2. Bawang Putih dan Jahe : Bawang putih diketahui dapat mencegah influenza dan dapat memperlambat degenerasi sel dan mengencerkan darah. Jahe dapat membantu pencernaan halus untuk menghalau racun dan meremajakan sel-sel yang ada dalam tubuh.
  3. Omega 3 : Beberapa kalangan menyarankan agar meningkatkan asupan Omega 3 untuk memperlambat metabolisme penuaan dini. Zat ini juga dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung, osteoporosis, arthiritis dan stroke trombotik.
  4. Anggur Merah : Segelas anggur merah merupakan hal yang Anda butuhkan untuk memperbaiki sel-sel tulang yang rusak. Buah anggur mengandung antioksidan yang bisa menghalau radikal bebas yang biasanya menjadi penyebab munculnya penuaan dini.
  5. Tomat : Buah yang satu ini dapat dimakan mentah atau pun di masak. Tomat dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang keras dan membantu untuk pencegahan munculnya keriput. Kandungan zat Lycopene dalam buah tomat, diketahui dapat melindungi kulit dari oksidasi yang berlebih. (feriawan hidayat/bs)
Kategori: IPTEK
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.