1.000 ORANG LULUS SELEKSI MERINTIS KOLONI di PLANET MARS

Den Haag (LINGGA POS) –  TANPA TIKET PULANG KE BUMI.  Lebih dari 1.000 orang dari 200 ribu orang yang mendaftar dipilih untuk dilatih agar bisa bertahan hidup di Mars. Dari seribuan kandidat itu nantinya hanya 24 orang saja yang akan terpilih untuk di kirim ke ‘Planet Merah’ itu oleh Mars One, organisasi nirlaba asal Belanda yang berada dibelakang proyek itu. Mars One, Kamis (2/1) mengatakan mereka yang terpilih tersebut akan dikirim dalam misi antariksa yang dimulai pada tahun 2024. Hanya saja, para pemenang dalam proyek itu hanya akan mendapatkan tiket untuk pergi, tanpa tiket pulang.

JARAK TEMPUH 55 JUTA KM (6 BULAN). 

Perjalanan ke Mars, yang menempuh jarak 55 juta kilometer dan akan menghabiskan masa 6 bulan, dinilai terlalu mahal, demikian alasan Mars One mengapa pihaknya tidak memberi tiket pulang ke Bumi. Organisasi itu mengaku telah mengabarkan hal itu kepada 1.058 orang kandidat sebagai penghuni koloni pertama manusia di Mars, pada 30 Desember lalu. Para peserta seleksi yang berasal dari 140 negara itu dianggap telah memenuhi beberapa syarat seperti harus bisa berbahasa Inggris, bebas penyakit, tidak tergantung pada obat-obatan dan tidak pantang menyerah.

KONTRAK US$250 RIBU. 

Kepala bidang kesehatan Mars One, Norbert Kraft mengatakan, kandidat yang terpilih akan menjalani beberapa simulasi yang dijalankan secaara berkelompok, yang fokus untuk menguji kemampuan fisik dan emosi mereka. Fase pertama proses seleksi dari 1.058-24 orang akan dimulai pada tahun ini juga. Bulan lalu organisasi ini sudah menandatangani kontrak senilai US$250 ribu atau setara Rp3 miliar dengan Lockhed Martin Space System untuk membangun sebuah purwarupa modul pendaratan yang akan diujicoba ke luar angkasa pada 2018. Mars One berharap bisa mendapat lebih banyak sponsor dan mitra untuk mendukung misi bernilai US$6 miliar atau setara Rp73 triliun, dimana dari sini Mars One berharap bisa meraup dana dengan megadakan proyek prestisius itu, sebuah reality show interaktif yang akan ditayangkan televisi dan sejumlah perusahaan media lainnya sedang menawar untuk membeli hak siar program tersebut. (lj/BER/bs)

Kategori: MANCANEGARA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.