Syiar Islam : ABRAJ AL BAIT, BANGUNAN TERMEGAH di DUNIA PENDAMPING KABAH

(LINGGA POS) – Jika Anda sudah pernah melaksanakan ibadah Umroh atau Haji ke tanah suci Mekah, maka nam Abraj Al Bait mungkin tidak asing bagi Anda. Menara Abraj Al  Bait atau yang dikenal juga dengan Mecca Royal Hotel Clock Tower, adalah sebuah kompleks bangunan yang populer di Mekah, Arab Saudi, dan letaknya bersebelahan dengan Kabah. Bangunan ini sendiri merupakan bagian dari Abdulaziz Endowment Project, yang berusaha untuk memodernisasi kota suci umat Islam itu utamanya dalam melayani para jamaah haji. Selain itu, kompleks bangunan tersebu berhasil memecahkan beberapa rekor dunia, seperti jam tertinggi dan bangunan dengan lantai terluas se-dunia. Abraj Al Bait disebut sebagai gedung tertinggi di dunia pada 2012 atau satu tingkat di bawah Burj Khalifa (gedung tertinggi di Dubai) dan melebihi gedung Taipei 101, di Taipei, Taiwan. Letak bangunan ini juga sangat strategis karena hanya berjarak beberapa meter saja dari Masjid Al Haram, Mekah.

MENAMPUNG LEBIH DARI 10.000 JAMAAH. 

Menara Abraj Al Bait memiliki tinggi sekitar 601 meter dan memiliki ruang doa besar yang mampu menampung lebih dari 10 ribu jamaah.Dengan ruang seluas itu dimaksudkan tentunya untuk mengamodasi para jamaah haji yang ingin mengunjuni Kabah. Tempat ini juga memiliki sebuah hotel berbintang 5 yang konon dalam waktu dekat ditingkatkan menjadi bintang 7 yang dioperasikan oleh Fairmont Hotels and Resorts. Hotel ini menyediakan penginapan bagi jutaan jamaah haji yang melakukan perjalanan ke Mekah pada setiap tahunnya. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Mekah, Anda tidak perlu khawatir karena sudah tersedia fasilitas yang mumpuni di sana.

MULAI DIBANGUN PADA 2004. 

Pada mulanya Abraj Al Bait dimulai pembangunannya sejak 2004 dengan biaya tak kurang dari US$15 miliar, dan kemudian berdiri 7 menara dimana satu diantaran dinamai Hotel Tower yang memiliki tinggi di atas 6 menara lainnya dikhususkan untuk apartemen sedangkan di lantai 5 sebagai pusat perbelanjaan, ruang konferensi dan sebagainya.   Di Hotel Tower diletakkan sebuah jam pada setiap sisi tower yang memiliki panjang dan lebar 80 meter di masing-masing sisi pada ketinggian 530 meter, sehingga menjadikan jam ini sebagai jan terbesar sekaligus tertinggi (berdasarkan letaknya) di dunia.

TINGGI, LUAS & TAHAPAN PEMBANGUNAN. 

Di mulai pada 2012, Abraj Al Bait dibangun oleh arsitek Dar Al Handasah dengan kontraktor Saudi Binladen Group. Tinggi arena/puncak 601 meter dengan 120 lanta4 dan luas area lantai 1.500.000 M2.  Nama, tahapan pembangunan dan tinggi dari ke-7 menara di Abraj Al Bait,  Safa, tahun 2007, tinggi 240 meter,  Marwah tahun 2008, tinggi 240 meter,  Qibla tahun 2011 tinggi 250 meter,  Zam Zam tahu 2011 tinggi 260 meter,  Hajar tahun 2011 tinggi 260 meter,  Maqam tahun 2012 tinggi 420 meter dan Hotel Tower tahun 2012 tinggi 601 meter. (jb,net)

Kategori: SYIAR ISLAM
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.