CAPRES 2014, PRABOWO UNGGUL DARI MEGA & JOKOWI

Jakarta (LINGGA POS) – Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto dianggap sebagai calon presiden (capres) yang diidamkan oleh masyarakat pada 2014. Demikian hasil riset lembaga Vox Populi Survey.  Prabowo berada di peringkat pertama disusul Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi. Direktur Eksekutif Vox Populi Survey, Hendrykus Sihaloho mengatakan, pihaknya telah melakukan survei dalam kurun waktu 9-23 Desember 2013 dengan 4.000 responden secara nasional. “Hasilnya, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo berada di peringkat tertinggi 33,1 persen disusul kemudian Megawati 15,4 persen dan  Jokowi dengan 10,1 persen,” kata Hendry di Menteng, Jakarta, Minggu (12/1).

Dijelaskan, survei dengan menyodorkan beberapa sample pertanyaan kepada responden terkait kriteria presiden ideal pilihan rakyat. Hasilnya, sebesar 45,9 persen akan memilih capres yang berlatarbelakan militer. “Sisanya memilih sipil yakni 41,3 persen dan yang belum memberikan jawaban sebanyak 10,3 persen,” kata dia. Menurut dia, rakyat saat ini menginginkan adanya suatu perubahan besar terhadap pengelolaan pemerintahan yang dinilai sangat korup, lemah dan tak punya rasa percaya diri sehingga selalu dilecehkan oleh negara tetangga. “Nah, mereka berpendapat seperti itu. Prabowo dinilai sebagai orang memberikan kontribusi besar karena memiki strong leadership yang kuat diantara capres lain. Dia paling tinggi, 33,1 persen,” kata Hendry. Prabowo juga dianggap sebagai antitesa dari gaya kepemimpinan SBY, yang selama ini dianggap bertanggungjawab terbentuknya pemerintah yang korup, penakut, tebar pesona (pencitraan), buang badan (memindahkan tanggungjawab dan kesalahan terhadap pihak lain dan peragu.

Sementara capres Megawati justru lebih unggul popularitas dan elektabilitas dibanding Jokowi. Megawati meraup sebanyak 15,4 persen sedaengkan Jokowi hanya meraih 10,1 persen. “Jawaban responden sangat menarik, karena Jokowi dinilai belum memiliki strong leadership yang kuat dibandingkan dengan Mega,” tuturnya.   Berikut capres lain seperti wiranto yang sudah gencar beriklan, namun hanya memiki tingkat elektabilitas sebesar 8,4 persen. Diikuti Ketua Umun Golkar, Aburizal Backri, yang hanya memperoleh 7,4 persen, Dahlan Iskan 7,3 persen dan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa sebesar 1,7 persen. (yeh/ic/ic)

Kategori: NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.