MENPAN-RB INSTRUKSIKAN KUOTA CPNS 2014 DITAMBAH

Jakarta (LINGGA POS) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menginstruksikan agar kuota CPNS 2014 lebih besar dibanding periode 2013. Hal ini dilakukan karena masih banyak kuota CPNS baru 2013 yang tidak terisi. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kemenpan-RB, Herman Suyatman mengatakan kuota rekrument CPNS 2013 ditetapkan sekitar 65 ribu orang. “Setelah seluruh seleksi dilaksanakan ternyata tidak seluruh kuota itu terisi,”kata pejabat hasil lelang jabatan itu kemarin.

Herman mengatakan bahwa instruksi dari Menpan-RB sudah jelas, yakni meluncurkan kuota CPNS yang tidak terserap tahun lalu ke seleksi CPNS tahun 2014. Dari total kuota CPNS 2013 sebanyak 65 ribu, hanya terisi sejumlah 58.796 kursi saja, sehingga masih ada kursi sisa sebanyak 6.200-an kuota dengan asumsi kuota CPNS baru tahun depan tetap 65 ribu dan mendapatkan tambahan 6.200 kursi dari luncuran periode 2013, berarti kuota totalnya mencapai 71.200 kursi. Meski pun begitu, dia menegaskan, jumlah kuota CPNS 2014 secara pasti sampai saat ini belum ditetapkan. Penetapan jumlah kuota itu, lanjutnya, disesuaikan dengan kebutuhan formasi CPNS baru di instansi pusat maupun daerah. Selain itu penetapan kuotj CPNS baru tahun ini juga mempertimbangkan kesehatan fiskal negara. Namun, sebara umum sistem Seleksi CPNS 2013 dinilai sudah berjalan dengan baik sehingga tidak ada perubahan drastis mulai dari alur usulan formasi hingga pelaksanaan ujian. Seperti instansi yang menggunakan formasi CPNS baru wajib menyampaikan hasil analisa jabatan (Anjab) dan analisis beban dan analisis beban kerja (ABK). Melalui dua dokumen itu panitia pelaksana nasional (Panselnas) seleksi CPNS 2014 bisa mengetahui proses kebutuhan pegawai di masing-masing instansi.

MULAI MARET 2014.

Menurut Herman proses teknis rekrutmen CPNS 2014 bakal mulai dijalankan Maret depan. Diantaranya adalah mulai membuka usulan formasi dari instansi pusat maupun daerah. Tes CPNS 2014 ini fokus di isi oleh pelamar umum. Belum ada rencana untuk diperebutkan juga oleh pelamar dari tenaga honorer. (wan/jpnn)

Kategori: NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.