LATMA MULTILATERAL KOMODO 2014 di BATAM, KEPRI

Batam (LINGGA POS) – DIIKUTI 17 NEGARA.  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bersama tentara dari 17 negara sahabat ASEAN dan ASEAN Plus, akan menggelar Latihan Bersama (Latma) Multilateral Komodo 2014 yang akan difokuskan pada kegiatan non-warfighting exercise, atau latihan untuk Disaster Relief Operation (penanggulangan bencana). Ke-17 negara yang akan bergabung dalam Latma Multirateral Komodo 2014 dimana Indonesia sebagai tuan rumah adalah Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam, Laos (ASEAN) dan Jepang, India, Cina, New Zealand, South Korea, Amerika dan Rusia (ASEAN Plus). Kerja sama militer bidang latihan ini di bawah payung ASEAN Defence Ministry Meeting (ADMM) dengan thema ‘Kerjasawa Untuk Menjaga Stabilitas Kawasan (Cooperation for Stability).

Komandan Gugus Tempur Laut Armabar, Laksamana Pertama TNI AL, Octavian selaku Direktur latihan mengatakan, tujuan dilaksanakannya Latma Multirateral Komodo 2014 bagi TNI AL yakni untuk dimensi kepentingan nasional, regional dan internasional. “Pertama tujuannya untuk meningkatkan hubungan antar negara-negara ASEAN dan Non-ASEAN, kedua guna meningkatkan stabilitas keamanan maritim kawasan, meningkatkan kemampuan (capacity building) tim penanggulangan bencana dan dalam konteks operasi secara multirateral, lalu memberikan rekomendasi dan masukan strategisbagi kerjasama ASEAN Regional Forum (ARF) dalam penanggulangan bencana di wilayah regional serta memfasilitasi keselarasan berbagai protokol nasional, regional dan internasional dalam penanggulangan bencana serta meningkatkan kemampuan komunikasi sosial (Komsos) internasional dan kerjasama prajurit TNI AL dengan negara ASEAN dan ASEAN Plus,” tutur Octavian di Markas Komando (Mako) Guskamlarmabar di Batam, Kepri, Senin (13/1), dikutip dari Kepri Bangkit.

FPC PADA 16-17/1-2014.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, sebelumnya pihaknya telah melakukan beberapa tahapan persiapan seperti melakranakan Initial Planning Conference (IPC) pada 22-23/8-2013, Mid Planning Conference (MPC) 13-14/11-2013 di Jakarta, dan Final Planning Conference (FPC) pada 16-17/1-2014 di Swissbell Hotel, Batam, yang akan dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Marsetio. “FPC ini merupakan pertemuan dan pembahasan akhir serta penyampaian informasi, komunikasi dan konfirmasi kegiatan kepada para delegasi dari ke-17 negara peserta. (arn,kb)

Kategori: KEPRI, MANCANEGARA, NASIONAL
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.