7 MAKANAN YANG MENYEHATKAN JANTUNG ANDA

(LINGGGA POS) – Menurut Dariush Mozaffarin,MD pengajar epidemiologi di Harvard Medical School, mengosumsi makanan mentah secara dramatis menurunkan risiko penyakit jantung. Hingga saat ini penyakit jantung paling banyak memakan korban jiwa di seluruh dunia. Agar Anda bisa mengurangi risiko penyakit jantung, Anda bisa mencoba mengosumsi beberapa ‘superfoods’ berikut ini :

1. Havermut. Tinjauan dari 67 penelitian mengungkapkan mengosumsi makanan yang kaya serat dan mudah larut seperti havermut akan menurunkan nilai serta kandungan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Salmon. Ikan yang kaya kandungan lemak Omega-3 seperti ikan salmon, akan membantu melindungi jantung Anda.

3. Kacang-kacangan. Pilihlah kacang walnut, almond serta macadamia yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan lemak tak jenuh tunggal serta candu dalam tubuh.

4. Minyak zaitun. Banyak riset yang sudah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal akan menurunkan kolerterol jahat dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

5. Berry. Menurut laporan dari Nutritional Review, buah berry dapat mengurangi peradangan dan memiliki sejumlah keuntungan bagi kesehatan kardiovarkular lainnya.

6. Biji-bijian. Dalam salah satu penelitian, mereka yang mengosumsi biji-bijian atau kacang-kacangan seperti buncis, dan setidaknya dalam empat kali selama seminggu, mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 22 persen dibandingkan mereka yang mengosumsinya kurang dari sekali dalam setiap minggu (pekan)-nya.

7. Brokoli. Menurut studi yang dilakukan pada 2008, sayuran brokoli serta sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kubis memiliki manfaat anti peradangan dan efek detoksifikasi. (yudo dahono/bs)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.