TAHUN INI PEMERINTAH BUKA LOWONGAN 100 RIBU CASN

Jakarta (LINGGA POS) – Tahun ini pemerintah kembali membuka lowongan untuk 100.000 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Jumlah sebesar itu adalah untuk CASN sebanyak 65.000 orang dan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 35.000 orang. Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar. Menurut Azwar seperti halnya CASN, formasi PPPK di seluruh instansi pemerintah dikendalikan oleh pusat. “Saat ini tengah disusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PPPK dan diharapkan selesai dalam waktu dekat. PPPK itu bisa saja seorang profesor, guru SD, dokter, D3 dan lain-lainya,” ujar Azwar dilansir dari laman Kemenpan-RB, Kamis (20/3).

PPK PUSAT dan DAERAH AGAR USUL FORMASI.

Karena itu dia minta seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah agar selain mengusulkan CASN dalam formasi 2014 ini, juga mengusulkan PPPK yang akan direkrut. Himbauan juga disampaikan melalui surat oleh Deputi Bidan SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja melalui suratnya pada 19 Maret 2014, agar PPK Pusat dan Daerah segera menyampaikan Susunan Kekuatan Pegawai dan Usulan Formasi (SKP dan UF) tahun 2014 yang dituangkan dalam format isian sebagaimana terlampir dalam surat Menpan-RB kepada Kemenpan-RB. “Usulan formasi tahun 2014 tersebut paling lambat harus diterima pada hariJumat (28/3). Apabila sampai dengan tanggal tersebut belum kami terima, maka usulan formasinya akan diproses pada tahun berikutnya,” bunyi surat itu.

PEMKO BATAM AJUKAN 1.000 CASN.

Sementara itu bagi masyarakat yang berminat, Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepri juga membuka lowongan CASN di Pemko Batam utamanya bagi tenaga pendidikan, dan kesehatan baik dokter maupun perawat. Para medis itu nantinya akan ditempatkan di mainland dan hinterland atau di pulau-pulau di wilayah Batam. “Warga hinterland butuh tenaga kesehatan untuk dokter dan perawat. Harus diperhatikan, jangan sampai ada pulau yang tak ada tenaga kesehatannya,” ujar Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Selasa (18/3). Dia berharap formasi CASN tahun 2014 dapat diloloskan pusat, apalagi sejak 2011 Pemko Batam tidak menerima CASN karena adanya moratorium. Senada dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Firmansyah. “Batam masih butuh seribuan lagi CASN baru. Kebutuhan utamaya di bidang pendidikan, tenaga medis dan tenaga teknis lainnya. Kita sudah ajukan ke Menpan-RB,” paparnya. Diakuinya, kemungkinan pemerintah pusat akan meloloskan usulan CASN di Pemko Batam tersebut-minimal separuhnya-mengingat besaran belanja pegawai di APBD Kota Batam masih berada di bawah 50 persen, sehingga dinilai masih mencukupi untuk penambahan CASN baru. (if/k24,m/tp)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.