POPDA V PROVINSI KEPRI di BINTAN 18-25 MEI 2014  

Kijang (Bintan) – Sebanyak 926 atlet berasal dari 7 kabupaten dan kota se-Kepri akan unjuk kebolehan menjadi yang terbaik dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) V Provinsi Kepri 2014 yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2014 di Kabupaten Bintan. Popda V Akan mempertandingkan sepuluh cabang olahraga (cabor) memperebutkan sebanyak 99 medali dan Piala Bergilir Gubernur Kepri. Ke-10 cabor tersebut yakni sepakbola, sepaktakraw, bola volly, basket, tenis meja, tenis lapangan, renang, bulu tangkis, pencak silat dan atletik. “Popda adalah merupakan sebagai babak kualifikasi dari delapan cabor yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera 2014 yang akan berlangsung di Provinsi Jambi pada September 2014,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Kepri, Riono. Untuk itu lanjut dia thema yang diusung pada Popda V kali ini adalah “Melalui Popda V Provinsi Kepri 2014 Kita Rebut Juara Umum pada Popwil I 2014 di Provinsi Jambi”. Diakui Riono pihaknya juga mengundang seluruh kepala daerah dari masing-masing kabupaten dan kota se-Kepri karena Popda merupakan event untuk melihat sampai sejauh mana daerah telah membina atlet-atletnya khususnya atlet pelajar. Dari hasil Popda V ini lanjut dia, para atlet peraih medali akan dipersiapkanuntuk mengikuti Popwil di Jambi dan juga kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2014.

Popda V Kepri 2014 secara seremonial dipusatkan di Lapangan Tugu Relief Antam, Kecamatan Kijang, Kabupaten Bintan dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri HM Sani, Minggu (18/5). Disamping memperebutkan puluhan medali para atlet juga akan bersaing ketat untuk memboyong Piala Bergilir Gubernur Kepri ke daerahnya masing-masing. Pada acara pembukaan para pelajar dari jenjang SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Bintan sekitar 93 orang mempersembahkan tarian kolosol bertajuk ‘Kajang’ yang menceritakan kisah kehidupan Suku Laut yang ada di Kepri. Kajang juga adalah dianggap sebagai rumah para pengembara nomaden di perairan Kepri yang menjadikan sampan atau perahu mereka sebagai rumah dalam mengisi napak tilas berkehidupan hingga saat ini.

Lebih dari seratus atlet dari Kabupaten Lingga mengikuti Popda V ini dan telah bertolak ke Bintan melalui Tanjungpinang pada Sabtu (17/5). Sementara dari Karimun mengirimkan sebanyak 135 atlet, Tanjungpinang 125 atlet dan Natuna sebanyak 93 atlet termasuk dua diantaranya atlet cilik dari cabor tenis meja Lesti Salsabila Rakhmat (10) dan M. Wawan Setiawan (11) keduanya pelajar SD Negeri 02 Ranai. (rasn,af)

Kategori: KEPRI
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.