PENAAH & BENAN RAIH JUARA I DESA WISATA SE-KEPRI

Daik (LINGGA POS) – Dua desa di Kabupaten Lingga, yakni Desa Penaah dan Desa Benan keduanya di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga berhasil meraih Juara I dalam ajang Citra Pesona Wisata atau Cipta Award Wisata 2014 se-Provinsi Kepri. Kedua desa tersebut nantinya akan mewakili Kepri pada ajang Cipta Award tingkat Nasional 2014 di Jakarta. Satu kategori lainnya dari tiga kategori yang dilombakan yakni lomba Sadar Wisata, Lingga menempati posisi ketiga. “Dinas Pariwisata Provinsi Kepri telah menetapkan Desa Penaah sebagai Juara I kategori Desa Wisata Award, sedangkan Desa Benan sebagai Juara I Desa Citra Pesona Award dengan kriteria pengelolaan desa wisata yang berbasis lingkungan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Lingga Junaidi, Minggu (25/5).
Menurut Junaidi, semua capaian yang berhasil diraih dalan lomba tersebut tentunya atas dukungan dan partisipasi semua elemen baik dari Pemkab sendiri maupun dari masyarakat. Pemkab Lingga sendiri telah berupaya membangun sarana dan prasarana penunjang di berbagai destinasi wisata yang ada di Lingga termasuk dari program PNPM Mandiri Desa Wisata yang telah berkontribusi memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di daerah-daerah desa wisata terkait dan dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan yang secara kontinyu dilakukan guna menarik minat wisatawan datang ke Lingga.
Masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di daerah Lingga dan memerlukan partisipasi semua pihak untuk saling membantu mengembangkannya di masa depan seperti misalnya Pantai Batu Berdaun, Pemandian Air Panas, Pantai Nusantara atau Pantai Sergang (Kecamatan Singkep), Pantai Pasir Panjang, Air Terjun Resun, Lubuk Pelawan, dan atau tempat-tempat wisata sejarah dan budaya di Daik, Kecamatan Lingga.
Dari catatan LINGGA POS, pada 2013, 9 destinasi wisata dari 144 daerah di 27 provinsi meraih penghargaan Cipta Award dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ke-9 daerah itu adalah, 1. Pura Ulun Danu, Bali 2. Agrowisata Hutan Mangrove, Lagoi, Kepri 3. Pulau Kakaban, Kaltim 4. Benteng Vredenburg, Yogyakarta 5. The Blanco Renaisance Nuseum, Bali 6. Desa Wisata Panglipura, Bali 7. Owabong, Jatim 8. Kampung Sampireun, Jabar dan 9. Jatim Park 1, Jatim. Kepada masing-masing juara menerima piagam dan plakat penghargaan dan uang untuk pengembangan wisata sebesar Rp25 juta. (syk,arn)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.