MANFAAT LUAR BIASA BUAH SEMANGKA

(LINGGA POS) – Sayang sekali jika kita tidak memanfaatkan buah yang banyak tumbuh di negeri tropis ini. Tak hanya enak dan segar, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Demikian pula dengan buah semangka. “Semangka mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta kalium yang membantu menjaga tekanan darah normal,” tulis Cynthia Sass, MPH. RD seorang ahli nutrisi Amerika Serikat, seperti dikutip laman Health, Jumau (4/7). Diketahui misalnya, jika ada 46 kalori per cangkir, semangka menawarkan 20 persen dari asupan harian vitamin C dan 17 persen vitamin A. Selain itu, semangka punya manfaat yang mungkin belum Anda ketahui, diantaranya yakni;

  1. Kandungan likonen lebih banyak dibandingkan tomat mentah. Semangka punya kandungan likopen 1,5 lebih banyak dari tomat segar. Likopen berfungsi sebagai anti oksidan yang menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Beberapa penelitian mendapatkan, likopen yang biasanya terdapat dalam buah berwarna merah dapat membantu melawan penyakit jantung dan kanker.
  2. Meredakan nyeri otot. Atlet yang mengosumsi 16 ons semangka satu jam sebelum latihan, nyeri ototnya berkurang dan detak jantung normal. Hal ini diketahui lewa penelitian di Spanyol yangdipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Ini disebabkan karena kandungan citrulline yang ternyata ada kaitannya dalam meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.
  3. Mengatasi dehidrasi. Tidak ada yang menyangkal jika usai makan semangka langsung segar. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, semangka terdiri dari 91,5 persen air. Dalam The Journal of Nutrition juga disebutkan bagi perempuan yang mengalami dehidrasi ringan yang menyebabkan pusing, tidak fokus dan lelah, maka dianjurkan untuk mengosumsi buah semangka.

(dik/l6)

Kategori: IPTEK Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.