KONJEN AS di SURABAYA : PILPRES INDONESIA PECAHKAN REKOR DUNIA

Surabaya (LINGGA POS) – Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya Joaquin Monserrate menilai, pemilu presiden (Pilpres) di Indonesia pada 9 Juli 2014 mengalahkan Pilpres AS pada 2008. Bahkan, Pilpres Indonesia telah memecahkan rekor dunia. “Saya punya datanya, Presiden Obama terpilih dalam Pilpres AS tahun 2008 diikuti 131.071.135 orang. Sedangkan Pilpres Indonesia 9 Juli 2014 diikuti oleh 133.577.277 orang. Itu rekor dunia,” kata Joaquin diselag halalbilhalal Konjen AS di Surabaya, Kamis (21/8), dikutip dari Antaranews.com.
Dalam acara yang dihadiri puluhan tokoh dari kalangan pemerintahan, agamawan, masyarakat, akademisi dan kalangan pers itu, ia menjelaskan fakta itu menunjukkan bahwa lebih banyak orang Indonesia yang percaya dengan sistem demokrasi. “Padahal, ada orang yang bilang Indonesia tidak siap dengan demokrasi, tidak cocok untuk Indonesia. Buktinya, ada 133 juta lebih suara yang setuju dengan sistem demokrasi itu di sini,” tambah dia.
Didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, diplomat yang sudah dua kali bertugas di Konjen AS di Surabaya itu seakan berkelakar mengatakan, rekor itu akan direbut kembali oleh masyarakat AS pada Pilpres 2016. “Hanya enam tahun rekor suara terbanyak di dunia yang diraih Amerika itu sudah direbut Indonesia. Karena itu, dua tahun lagi akan kami ambil (rebut) rekor itu,” katanya.
Terkait dengan kegiatan halalbilhalal yang diadakan Konjen AS, Joaquin menyatakan acara seperti ini hanya ada di Indonesia dan merupakan ‘kegiatan Islam khas Nusantara yang tidak ada di negara Islam manapun. “Termasuk di Timur Tengah, meskipun halalbilhalal itu bahasa Arab, orang Arab sendiri tidak mengerti,” selorohnya. (ant,tb)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.