JCH LINGGA BERTOLAK KE MADINAH 1 SEPTEMBER 2014

Batam (LINGGA POS) -Sebanyak 27 orang jamaah calon haji (JCH) asal Lingga, Senin (1/9) bertolak ke tanah suci guna menjalankan ibadah haji bersama jamaah asal Kepri lainnya yang termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 1 (pertama) berjumlah 445 orang dengan pesawat Arabia Air Lines (SAA) nomor penerbangan SV5101 menuju Madinah sekitar pukul 10.00 WIB dan direncanakan tiba di tanah suci pukul 14.50 Waktu Arab Saudi. Keberangkatan perdana JCH embarkasi Batam melalui Bandara Hang Nadim Batam dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepri HM Soerya Respationo dari ruang Arafah II Asrama Haji Batam Center bersama anggota Komisi VIII DPR RI, PPHI Embarkasi Batam, Kakanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal dan undangan lainnya serta para sanak saudara, kerabat para JCH. “Untuk ke tanah suci adalah impian setiap Muslim. Jadi yang mau berangkat hari ini jagalah kesehatan selama perjalanan maupun saat berada di tanah suci. Selamat jalan dan semoga sampai di tempat tujuan dalam keadaan sehat,” kata Soerya.   
Sementara pada kloter pertama (1/9) ini dari embarkasi Halim PK (Jakarta) juga diberangkatkan sebanyak 455 orang JCH (asal Jakarta dan Bekasi) pukul 05.20 WIB, dari Makassar 455 orang, Padang 455 orang, Lombok 325 orang, Medan 440 orang dan Solo dengan dua kloter masing-masing 375 orang. Dari embarkasi Batam diberangkatkan hingga siang ini dengan jumlah seluruhnya 708 orang JCH.   
Saat ini kondisi kelembaban udara di Madinah hanya 4 persen yang bisa memicu mimisan, kulit kering, bingung, pingsan hingga kematian. Rata-rata suhu di Madinah (kota pertama persinggahan JCH Indonesia sekitar 45 derajat celcius yang diprediksi berlangsung hingga Oktober depan. Karena itu para JCH disarankan mengkosumsi banyak air putih atau memakai masker yang dibasahi. “Perbanyak minum air zam-zam karena dari hasil penelitian kandungan elektrolitnya sangat lengkap agar terhindar dari dehidrasi,” terang Ketua Bidang Kesehatan Haji Indonesia 2014, dr Fidiansyah, Minggu (31/8) di Arab Saudi seperti dikutip dari Viva.co.id. Tahun ini, jumlah JCH asal Indonesia seluruhnya berjumlah 168.800 orang. (ph,af)

Kategori: KEPRI Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.