KETERWAKILAN PEREMPUAN di DPRD KEPRI HANYA 13 PERSEN

Dompak (LINGGA POS) – Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kepri masa bhakti 2014-2019 hasil Pileg 9 April 2014, dilantik di Gedung DPRD Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (9/9). Hadir dalam prosesi pelantikan tersebut sekitar 1.500 undangan termasuk tentu saja Gubernur Kepri HM Sani, Wagub Kepri Soerya Respationo, Kapolda Kepri, Danlantamal, Danrem 033/WP, Kepala Kemenag Kepri, pimpinan eselon di jajaran Pemprov Kepri, pimpinan FKPD Kepri, Ketua dan Wakil Ketua PPK Kepri Hj. Aisyah Sani dan Hj. Rekavenny Soerya, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Prosesi pengambilan sumpah dan janji pada gelar Paripurna Istimewa diawali oleh pimpinan sidang Jumaga Nadeak, Hotman Hutapea dan Iskandarsyah yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Riau-Kepri Yohannes Ether, SH MH. Ke-45 anggota dewan yang dilantik itu berasal dari (utusan) 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri dan terbanyak wakilnya adalah dari Kota Batam (3 dapil), 6 dari Karimun, 5 dari Kota Tanjungpinang, 6 dari dapil Lingga-Bintan, dan 3 dari dapil Natuna dan Anambas. Sidang Paripurna DPRD Kepri telah menunjuk Ketua Sementara DPRD Kepri kepada Tawarich, Bsc politisi senior dari PDIP yang telah cukup lama (sekitar 4 periode) duduk sebagai anggota dewan.

HANYA 6 ORANG PEREMPUAN.

Dari seluruh anggota DPRD Kepri masa bhakti 2014-2019 sebanyak 45 orang tersebut, 39 orang adalah laki-laki dan 6 orang perempuan (13 persen saja keterwakilan perempuan) yang dipatok oleh KPU. Satu dari ke-6 perempuan itu, Suryani dari PKS terpilih untuk kedua kalinya. Nama lainnya sudah cukup dikenal seperti Hj Dewi Komalasari (Partai Golkar) yang tak lain adalah isteri Bupati Bintan Ansar Ahmad dan Hj Yuniarti Pustoko Weny, isteri Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah. Berikutnya Susilawati (Partai Nasdem) dari dapil Bintan-Lingga, isteri seorang pengusaha di Tanjungpinang. Uniknya, dua terakhir adalah isteri dari Safaruddi Aluan yang juga adalah legislator dari PPP. Hj Asnah (isteri tua) (Partai Gerindra) dapil Batam IV sementara Ririn Warsiti (isteri muda) (Partai Gerindra) dari dapil Batam VI. Keduanya saat pelantikan didampingi oleh putra masing-masing.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri berpesan agar anggota dewan terpilih dapat bekerja dengan baik, “Menjalankan tugas berdasarkan amanah, berdayakan dan tingkatkan partisipasi serta daya saing masyarakat serta pro dalam pengentasan kemiskinan,”kata Gubernur. Dan berharap wakil rakyat tersebut berlaku adil dalam menjalankan tugas dan senantiasa berpedoman kepada nilai-nilai agama. (ph,af,bp)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.