BANDARA TERBESAR DI DUNIA, TAMPUNG 200 JUTA PENUMPANG

(LINGGA POS) – Sebuah bandara raksasa modern akan segera dibangun di Dubai. Diperkirakan mampu menampung lebih 200 juta penumpang setiap harinya. Pemerintah Dubai menyetujui rencana pembangunan bandara terbesar di dunia itu yang akan menggelontorkan dana senilai US$34,5 miliar atau setara Rp404,7 triliun.
Tahap pertama pembangunan bandara yang dinamakan Al Maktoum International itu terdiri pembangun landasan pacu dan terminal penumpang (120 juta penumpang) termasuk pembangunan hanggar untuk 100 pesawat jet raksasa sekelas Airbus A380 dua tingkat. Sebagai perbandingan, bandara tersibuk di dunia saat ini-bandara Internasional Hartsfield Jackson, Atlanta, Amerika Serikat-tahun lalu saja telah melayani sebanyak 94,4 juta penumpang.
CE0 Bandara Dubai Al Maktoum International, Paul Griffiths mengatakan, tahap pertama pembangunan akan berlangsung selama 6-8 tahun. Pembangunannya termasuk dua landasan pacu dan dua hanggar pesawat yang masing-masing dapat menampung puluhan pesawat,” tutur Griffiths seperti dirilis News.
Bandara tersebut akan mulai dipergunakan setelah lima landasan pacu paralel berhasil dikerjakan dan dapat digunakan bersamaan. Selain itu operator akan membangun gerbang yang cukup besar untuk digunakan ratusan pesawat berbadan lebar.    Bandara yang telah ada di Dubai sebelumnya, Dubai World Central, dibuka pada 2010 dengan landasan pacu tunggal di gurun selatan dari pusat kota Dubai. Saat ini bandara internasional Dubai merupakan bandara tersibuk ke-7 di dunia. Sebanyak 66,4 juta penumpang keluar dan masuk di bandara tersebut bersamaan dengan perluasan dan penambahan terminal baru yang direncankan kembali dibuka tahun depan.
Perusahaan yang dimiliki pengusaha Dubai, Sheik Mohammed bin Rashid Al Maktoum itu juga akan menata taman dan resor senilai US$2,9 miliar atau setara Rp34 triliun di dekat bandara. Pembangunan berskala raksasa itu semuanya merupakan persiapan menjelang pelaksanaan Piala Dunia 2020 yang berlangsung di Dubai. (lk,an/vn2)

Kategori: MANCANEGARA Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.