PENJARAHAN HARTA KARUN DI LAUT SENAYANG, LINGGA

Daik (LINGGA POS) – Beberapa koran lokal di Kepri memberitakan sedang terjadi penjarahan atau pengangkatan harta karun atau barang-barang antik dari barang muatan kapal tenggelam (BMKT) di perairan Pulau Mensemut, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, sejak Rabu (16/9) dan hingga berita ini diturunkan aktivitas penjarahan yang dilakukan oleh pihak yang tidak dikenal dikabarkan masih tetap berlangsung. Di duga barang-barang kuno tersebut telah berpindah tangan kepada seorang penadah berkebangsaan Jepang, di Batam, Kepri.

Salah seorang warga yang tak mau disebutkan namanya, dan ikut dalam pengangkatan harta karun tersebut mengungkapkan, sudah berhasil mengumpulkan barang antik setidaknya 4 guci yang diperkirakan dari Dinasti Ming dan 5 piring kuno asal Portugis. “Barang-barang itu langsung dibawa ke Batam dan dijuak kepada salah satu peminat warganegara Jepang,” katanya. Menurut sumber para penjarah itu sangat profesional dengan dijaga oleh dua oknum aparat, tambah sumber seperti dikutip dari Batam Today, Jumat (18/9). Barang-barang itu ditemukan dan diangkat kepermukaan di sekitar Pulau Mensemut, Senayang atau 7 mil dari pulau itu hingga ke bibir pantai.

Mereka leluasa melakukan pengangkatan barang-barang antik tersebut dengan beberapa kapal yang berisi sekitar 13 awak lengkap dengan penyelam handal. Warga mengira aktivitas itu memang sudah mendapat restu dari pemerintah (legal) mengingat aktivitas tersebut mendapat penjagaan dari pihak berwajib.    Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Lingga mengaku telah mendapat informasi terkait adanya pengangkatan harta karun tersebut dan konon tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang untuk melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap BMKT itu. “Kita harapkan agar para penjarah ini sadar dan segera mengembalikannxa kepada pemerintah, tidak menjualnya ke pihak lain,” kata Kepala Disbudpar Lingga M. Aswad. (syk,bp,hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.