INDEKS GEMAR MEMBACA WARGA INDONESIA 0,001

(LINGGA POS) –  Survei prestasi membaca anak Indonesia yang dirilis dari International Reading Literacy studi 2011 menempatkan Indonesia di peringkat 42 dari 45 negara di dunia. Sementara dari data yang dipublikasikan Beritamaluku.com menyebutkan, 
1. Indeks kegemaran membaca warga Indonesia ternyata hanya 0,001 yang artinya dari 1.000 penduduk negeri ini hanya terdapat 1 orang saja yang gemar membaca. Bandingkan dengan negara tetangga Singapura yang justru ada 45 orang yang gemar membaca dari jumlah survei 100 orang! 
2. Waktu membaca per hari warga Amerika Serikat dan Jepang rata-rata 8 jam sehari. 
3. Di negara maju, siswa sekolah menengahnya diwajibkan menyelesaikan (membaca) sebuah buku sebelum menamatkan studinya. Misalnya, Perancis dan Belanda sebanyak 22 – 23 buku per tahun, Malaysia dan Thailand sekitar 6 buku per tahun.
Salah satu sebab kurangnya gemar membaca warga Indonesia yang kini jumlah penduduknya sekitar 230 juta, menempatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia berada di posisi 117 dari … 175 negara di dunia.   Karena itu mulailah kita segera membuat perubahan dengan gemar membaca agar menjadi warga yang berwawasan, berperadaban dalam sikap dan pemikiran. Mari kita ‘hijrah’ dengan gemar membaca. Bukankah Nabi Muhammad SAW sendiri menerima wahyu pertamanya adalah Iqra’. Ya, itulah perintah pertama yang membuat umatNYA berperadaban dan maju hingga sampai saat ini. (arn,kks)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.