SINGAPURA, NEGARA PALING KAYA PERINGKAT KETIGA DUNIA

(LINGGA POS) – Daftar terbaru dari Global Finance Magazine mengungkap kota di dunia dengan pendapatan perkapita (PDB) terbesar. Beberapa kota tersebut juga sukses sebagai kota terkaya di dunia. Analisis tersebut didasarkan dari data World Bank dan International Monetery Fund (IMF). Dari data tersebut juga dapat dilihat bahwa negara dengan luas wilayah yang kecil ternyata masih mampu menempati peringkat teratas.

image

    Dilansir dari Business Insider, Sabtu (2/4-2016), berikut daftar 7 negara paling kaya di dunia :

7. Uni Emirat Arab (UEA) : PDB per kapita USD 67.201.  UEA adalah negara federasi dari 7 emirat yang kaya minyak bumi. Jabatan presiden dan wakil presiden dilantik Majelis Tertinggi setiap 5 tahun sekali. Majelis ini juga melantik barisan kabinet Majelis Federasi Kebangsaan yang terdiri dari 40 anggota berasal dari 7 negara bagian untuk meneliti dan membincangkan Undang-Undang yang dicadangkan.  

6. Norwegia : PDB per kapita USD 67.619. Negara yang berbatasan dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan dan Laut Norwegia di barat serta Laut Barents di timur laut.  

5. Kuwait : PDB perkapita USD 71.600.  Negara monarki ini kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Nama Kuwait berasal dari kata Arab yang bermakna ‘benteng yang dibangun dekat air’.

4. Brunei Darussalam : PDB per kapita USD 80.335.  Saat ini Brunei memiliki PDB tertinggi di kawasan Asia Tenggara setelah Singapura sehingga diklarifikasikan sebagai negara maju. Brunei dianggap negara tertua diantara kerajaan-kerajaan di tanah Melayu. Keberadaan ‘Brunei Tua’ ini diperoleh berdasarkan catatan Arab, China dan tradisi lisan.  

3. Singapura : PDB per kapita USD 84.821.  Singapura memiliki ekonomi pasar yang amat maju dan secara historis berputar disekitar perdagangan entrepot. Bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan, negara singa ini adalah satu dari empat Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor khususnya di bidan manufaktur.

2. Luksembourg : PDB per kapita USD 94.167.  Luksembourg adalah salah satu negara terkecil di Eropa dan berada di peringkat ke-167 dalam dalam ukurannya dibandingkan dengan negara-negara lainnya.  

Dan, di peringkat pertama adalah
1. Qatar : PDB per kapita USD 146.011.   Negara paling kaya di dunia ini berada di sebuah semenanjung kecil di jazirah Arab yang berbatasan di selatan dengan Arab Saudi dan sisanya di batasi oleh Teluk Persia. (vna,ndw/l6)

Kategori: IPTEK, MANCANEGARA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.